Resep Leker, Jajanan Tradisional Favorit Indonesia

Leker merupakan salah satu jajanan jadul yang sekilas bentuknya mirip dengan crepes, tipis dan renyah. Namun, keduanya merupakan hidangan yang berbeda. Jika crepes berasal dari sebuah wilayah di Prancis bagian barat, Bretagne, maka leker merupakan camilan yang berasal dari Indonesia, tepatnya kota Solo dan Surabaya.

Meskipun begitu, leker menjadi salah satu kuliner tradisional Indonesia yang penamaannya menggunakan bahasa Belanda, yaitu “Lekker” yang berarti enak. Tentunya, penamaan tersebut sesuai dengan rasa yang diberikan oleh kue yang satu ini. Perpaduan rasa yang manis dengan tekstur yang renyah tentu memberikan kelezatan yang sulit tertandingi.

Resep Leker

Membuat leker tidak sulit dan juga tidak mudah, Anda harus bisa membuat adonan dadar setipis mungkin tapi tetap kokoh. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mengikuti resep leker berikut ini.
Bahan-Bahan:
  • 100 gram tepung terigu
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • Vanili bubuk secukupnya
  • Air secukupnya
Bahan Isi:
  • Irisan bulat tipis pisang raja secukupnya
  • Susu kental manis cokelat secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Meises cokelat secukupnya
Cara Membuat:
  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat leker. Setelah itu, siapkan mangkuk yang agak besar dan saringan. Tuangkan tepung terigu di atas saringan, lalu ayak tepung terigu.
  2. Jika tepung terigu telah diayak, masukkan telur ayam yang sudah dikocok ke dalam wadah tepung. Masukkan juga vanili, gula pasir, garam, dan air ke dalamnya.
  3. Kemudian, aduk hingga semua bahan tercampur dengan rata dan biarkan adonan selama kurang lebih 15 menit.
  4. Setelah itu, siapkan cetakan. Dapat menggunakan cetakan kue serabi. Panaskan sedikit mentega di atas cetakan tersebut.
  5. Lalu, tuang adonan sebanyak satu sendok sayur. Buat dadar tipis dari adonan. Agar dadar tipis, bisa dengan menggunakan cara menuangkan adonan secara mengelilingi cetakan. Masak adonan di atas api kecil saja.
  6. Jika adonan dadar sudah masuk ke dalam cetakan, tambahkan irisan bulat tipis pisang raja, susu kental manis cokelat, gula pasir, dan meises ke bagian atasnya. Lalu, lipat adonan. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis. Leker telah siap untuk disajikan.
Bagaimana dengan resep leker di atas? Semakin tak sabar untuk segera mempraktikkan resepnya di rumah? Kalau begitu, langsung saja coba resep leker yang sudah dibagikan di atas, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel