Cara Membuat Tape Ketan Hitam Sederhana

Indonesia terkenal dengan berbagai macam makanan yang tak akan ada habisnya jika dibahas. Mulai dari makanan utama hingga camilan, Indonesia memiliki banyak macamnya. Nah, salah satu yang tak boleh terlewatkan untuk dicoba ialah tape ketan hitam.

Tape ketan hitam tak jauh berbeda dengan tape biasanya dalam hal pengolahan, yaitu melalui tahap fermentasi dengan menggunakan bantuan ragi. Namun, sesuai dengan namanya, tape yang satu ini terbuat dari beras ketan hitam. Maka dari itu, makanan yang satu ini bernama tape ketan hitam.
Meski biasa disajikan ketika Hari Raya ataupun hari besar lainnya, tak ada salahnya bukan untuk menyantap tape ketan hitam saat hari biasa bersama seluruh keluarga? Apa lagi, untuk pembuatan dan bahannya pun tergolong mudah.

Cara Membuat Tape Ketan Hitam

Kalau Anda tertarik untuk membuat hidangan yang satu ini, Anda bisa mengikuti cara membuatnya seperti yang tertulis pada ulasan di bawah ini. Melansir dari akun youtube Resep Masakan Enak, berikut adalah cara membuat tape ketan hitam.
Bahan-Bahan:
  • 1/2 kg beras ketan hitam
  • Air secukupnya untuk mengukus
  • Gula secukupnya
  • 1/2 butir ragi
Langkah-Langkah:
  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan untuk membuat tape ketan hitam. Kemudian, cuci bersih beras ketan hitam terlebih dahulu. Pastikan ketika mencucinya sambil diremas-remas. Cuci beras sampai airnya agak jernih.
  2. Lalu, siapkan dandang dan isikan dengan air secukupnya. Tuangkan beras ketan hitam yang telah dicuci hingga bersih. Kukus beras ketan hitam selama 10 menit.
  3. Setelah 10 menit, siapkan wadah lain. Pindahkan ketan hitam ke dalam wadah tersebut. Cuci kembali sampai benar-benar bersih atau terasa kesat. Jika air cucian sudah bersih, dapat dilakukan tahap selanjutnya. Tiriskan hingga tidak ada air yang tersisa.
  4. Masukkan kembali ketan hitam yang sudah dicuci bersih ke dalam dandang yang telah berisi air. Lalu, masak kembali selama 30 menit atau sampai ketan hitam benar-benar matang.
  5. Setelah 30 menit atau dirasa ketan hitam sudah matang, angkat dan pindahkan ke nampan atau piring yang datar. Diamkan ketan hitam pada suhu ruang sampai dingin.
  6. Sambil menunggu ketan hitam dingin, haluskan 1/2 butir ragi tape. Pastikan ragi tape benar-benar halus. Sisihkan sebentar.
  7. Kemudian, taburi ketan hitam dengan gula sesuai selera. Semakin banyak gula yang dipakai, maka rasa yang dihasilkan akan semakin manis. Lalu, taburi dengan ragi yang telah dihaluskan sampai merata.
  8. Jika ketan hitam sudah ditaburi gula dan ragi, aduk sampai tercampur dengan rata menggunakan sendok.
  9. Siapkan wadah kedap udara. Masukkan ketan hitam ke dalam wadah tersebut dan diamkan selama 2-3 hari agar terfermentasi dan berubah menjadi tape. Setelah 2-3 hari tape ketan hitam telah siap untuk dinikmati.
Bagaimana dengan cara membuat tape ketan hitam di atas? Tergiur untuk segera mempraktikkannya di rumah? Happy cooking!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel