Resep Praktis Mantau Goreng Khas Balikpapan Favorit Keluarga

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota di Indonesia yang dianggap sebagai kota multi etnis dengan berbagai keragaman budaya, termasuk kulinernya. Apakah kamu sudah pernah mencoba Roti mantau Balikpapan?

Mantau atau roti sepan merupakan oleh oleh khas Balikpapan yang sebenarnya telah mengalami proses akulturasi dari makanan khas Tiongkok. Salah satu kue khas Tiongkok yang jadi asal mula kue mantau adalah bakpao. Kata “mantau” dalam bahasa Tiongkok memiliki arti sebagai kue yang dikukus.

Namun, faktanya kue mantau khas Balikpapan ini berbentuk bulat seperti bakpao tanpa isian, yang dimasak dengan cara digoreng hingga matang kekuningan dan mengkilap. Jadi, roti mantau tidak dikukus dan tidak diberi isian seperti daging, cokelat, ataupun selai layaknya bakpao ya.

Mantau Balikpapan, Sederhana Namun Memikat

Kue mantau hanyalah roti murni biasa yang dibuat dari terigu pilihan dan dimasak sedemikian rupa hingga menghasilkan roti bertekstur lembut dengan citarasa manis tidak berlebihan. Meskipun begitu, kue mantau tetap memiliki penggemar setianya, lho.

Mungkin salah satu penyebabnya adalah dari cara penyajian mantau yang unik dan menarik. Nantinya mantau akan disajikan seperti sandwich, umumnya dihidangkan bersama lauk pauk seperti daging sapi lada hitam ataupun kepiting lada hitam. Mau tahu resep membuatnya? Berikut ulasannya.

BAHAN:

- 2 1/2 sendok teh ragi instan

- 300 gram tepung serba guna

- 150 gram air hangat

- 2 sendok makan gula

CARA MEMBUAT:

  1. Langkah pertama, Siapkan mangkuk, lalu campurkan air hangat beserta ragi dan gula. Kemudian diamkan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu campurkan tepung sedikit demi sedikit.Campur adonan tersebut hingga kalis.
  2. Langkah kedua, tutup mangkuk, lalu diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam atau sampai adonan terlihat menjadi 2 kali lipat lebih besar. Setelah itu tusuk pada bagian tengah adonan, hingga udara dalam adonan keluar.
  3. Selanjutnya, ambil adonan. Lalu pindahkan ke talenan dan taburi dengan tepung agar tidak lengket. Kemudian gulung memanjang dengan ketebalan kira kira 2 cm, Setelah itu potong-potong dan kukus selama kurang lebih 15-20 menit atau hingga terlihat matang. 
  4. Setelah roti mantau matang, diamkan mantou dalam kukusan sekitar 5 menit sebelum membuka tutup kukusan usahakan agar up air yang menempel pada tutup kukusan tidak jatuh ke dalam roti mantou ketka anda membuka tutup kukusan tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel