Resep Kue Pukis Empuk Anti Seret

Pukis, kue yang satu ini memiliki banyak penggemar. Kue khas Indonesia ini dibuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan. Kemudian, adonan dituangkan dalam cetakan setengah bulan serta dipanggang di atas api. Pukis mirip dengan kue wafel yang lembut, gurih, dan manis. Kue ini cocok disajikan kapan saja. Pukis akan terasa lebih lezat jika ditambah dengan toping cokelat dan keju. 

Salah satu masalah yang sering dihadapi saat membuat kue pukis adalah tekstur kue yang seret. Kue pukis yang seret jelas tidak nyaman saat ditelan. Nah, kali ini ada resep dan langkah-langkah pembuatan pukis agar hasilnya empuk dan tidak seret.

Bahan Biang: 

1/2 sdm terigu 

1/2 sdm gula pasir 

1/2 sdt ragi instan 

25 cc air hangat 

Adonan Tepung: 

250 +125 ml santan kental 

225 gr tepung pro sedang 

25 gr tepung pro tinggi 

175 gr gula pasir 

2 butir telur utuh 

2 butir kuning telur 

1/2 sdt garam 

2 sdm minyak goreng 

50 ml butter cairkan 

Cara Membuat: 

1. Biang: Campur rata fermipan, terigu dan gula. Kemudian tuang air sedikit-sedikit sambil diaduk rata jangan bergerindil. Tutup dan diamkan sampai berbusa. 

2. Campur terigu (pro sedang+pro tinggi) dan tuang ke dalam 250 ml santan dan mixer dengan stand mixer sampai tercampur rata. Pertama, gunakan low speed sampai tercampur rata, naikkan satu level. 

3. Setelah itu masukkan gula pasir dan mixer sampai gula larut. 

4. Tambahkan telur satu per satu sambil di-mixer sampai rata. 

5. Ganti dengan wire attachment .Tuang bahan biang dan mixer sampai rata. 

6. Tambahkan 125 ml santan sedikit-sedikit sambil diaduk dengan sendok sayur sampai habis. Tuang minyak goreng dan butter cair kemudian diaduk rata. Kemudian keplok-keplok adonan selama lima menit. Tutup dan diamkan minimal tiga jam. 

7. Panaskan wajah dengan api kecil saja. Wajan harus benar-benar panas sebelum adonan dituang. 

8. Setelah tiga jam, aduk-aduk adonan sampai hilang gasnya. 

9. Oles wajan dengan butter sekali saja. Tuang adonan 3/4 penuh langsung beri filling dan segera tutup supaya permukaan mulus tidak berlubang-lubang. 

10. Angkat pukis dan segera oles.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel