Resep Empal Daging Sapi, Hidangan Daging yang Istimewa

Kamu punya persediaan daging yang belum terpakai? Bosen juga olahan daging sapi yang itu – itu aja? Nah, dari pada bingung yuk cobain kreasi masakan khas nusantara yang satu ini.

Yap, Bumbu Empal daging sapi goreng empuk merupakan sajian yang dapat menggugah selera makan kamu karena rasanya yang sedap, dan tentunya enak. Teksturnya yang empuk berpadu dengan rasa manis, asam, gurih pasti deh bikin kamu nggak ada hentinya melahap sajian yang satu ini.

Salah satu dari sekian banyaknya masakan tradisional ini, juga mudah banget dibuat lho. Tentunya empal daging cocok untuk dihidangkan sebagai menu kesukaan keluarga. Bumbu rampai yang terserap hingga ke lapisan daging menjanjikan sajian ini begitu sedap nantinya. Hmm, lebih lagi jika dimakan bersama nasi hangat serta sambal sebagai pendampingnya. Behh, rasanya seperti Surga dunia banget!

Nah, buat kamu yang langsung ingin mencoba bumbu Empal daging sapi, nggak usah kebingungan belinya dimana. Kamu bisa membuatnya sendiri kok, selain bahan-bahannya yang gampang didapat, masaknya juga mudah. Apalagi ketika masa-masa Lebaran nih, empal juga jadi salah satu alternatif untuk olahan masakan dihari yang fitri ini.

Sebelum beli-beli bahan, ada baiknya pastikan dulu kualitas daging yang dipakai bagus ya. Nih resep lengkapnya memasak Empal Daging Sapi. Yuk, simak!!

BAHAN DAN BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  • 1 kg daging sapi
  • 3 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1250 ml santan cair
  • 250 ml santan kental
  • 200 gr gula merah, sisir
  • 4 sdm air asam jawa
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk secukupnya

BUMBU HALUS:

  • 15 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 3 ruas lengkuas
  • 2 batang serai
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm ketumbar
  • 1 sdt merica

CARA MEMBUAT BUMBU EMPAL DAGING SAPI GORENG EMPUK:

  1. Cuci terlebih dahulu potongan daging sapi sampai bersih menggunakan air.
  2. Siapkan wajan, masukkan santan cair, daging,  daun salam, serai, bumbu halus,gula merah, air asam, garam dan kaldu bubuk. Masak sampai mendidih lalu kecilkan api.
  3. Kemudian tunggu hingga daging setengah empuk, tambahkan santan kental. Lalu masak lagi.
  4. Setelah santan menguap, angkat daging lalu tumbuk – tumbuk sampai seratnya kelihatan jelas.
  5. Sediakan minyak dan goreng sebentar saja.  Lalu angkat.
  6. Empal gepuk siap disajikan dengan taburan bawang goreng.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel