Sensasi Unik Donat Hitam dari Bubuk Arang, Ini Resepnya Mom!


Siapa sih yang tak tahu donat? Roti berbentuk bulat dengan lubang di tengahnya ini dikenal di seluruh penjuru dunia. Donat terbuat dari tepung yang setelah digoreng akan berwarna kuning keemasan. Untuk memberi variasi rasa, biasanya disajikan dengan topping beraneka warna. Meises cokelat, gula putih halus, dan berbagai krim serta gula warna membuat donat tampak lebih menggiurkan.

Namun, donat yang dijual di Thailand ini tampak berbeda. Bahan dasarnya hitam pekat. Setelah digoreng pun, hasilnya menjadi roti berwarna hitam mengilat. Tak seperti makanan lain, warna hitam itu bukan didapat dari tinta cumi-cumi. Mengutip laman Rocketnews, donat ini terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan bubuk arang. Tenang saja, bubuk arang itu tak berbahaya.

Arang yang digunakan berasal dari batang bambu yang dipanggang. Aman dikonsumsi. Bubuk arang itu bahkan diimpor dari Eropa. Tak hanya penampilannya yang unik. Donat ini juga memiliki cita rasa yang khas. Aroma ‘gosong’-nya menjadi sensasi rasa tersendiri. Bertambah nikmat dengan topping lezat. Donat yang baru diluncurkan bulan lalu ini memiliki beberapa varian rasa: blueberry, cokelat, dan selai buah-buahan.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya bubuk arang bambu digunakan sebagai campuran makanan. Sebelumnya sudah ada perusahaan makanan cepat saji asal Amerika yang menggunakan inovasi unik ini untuk membuat roti burger berwarna hitam. Jangan tertipu dengan penampilan luarnya. Coba rasakan dulu. Di Indonesia, inovasi ini diadaptasi dengan menggunakan tepung dari ubi ketan hitam.

Yuk, intip cara buatnya.

Bahan-bahan

  1. 230 gr terigu protein sedang
  2. 10 gr susu bubuk
  3. 30 gr gula pasir
  4. 20 gr coklat bubuk hitam (aku pake 1 sdm bubuk arang)
  5. 3 gr ragi instan
  6. 1 sdt bread improver (aku baru x ini nyobain pake)
  7. 1 butir kuning telur
  8. 125-150 ml air
  9. 30 gr margarin
  10. 3 gr garam halus
  11. Langkah

    1. 1. Masukkan terigu, kuning telur, gula, susu, ragi dan bubuk arang. Aduk rata. 

      Tambahkan air perlahan, cukup tidak kering saja jangan kelembekan. Aduk rata kembali.

    2. 2. Tambahkan margarin dan garam. Aduk hingga kalis. Diamkan sekitar 15 menit agar adonannya rileks (tutup dg kain bersih).

    3. 3. Bulatkan adonan sesuai selera. Aku timbang sekitar 22 gr dan jadinya sekitar 21 pcs. Diamkan kembali hingga sekitar 30 menit-1 jam (tutup dg kain bersih)

    4. 4. Panaskan minyak secukupnya dan goreng hingga matang. Gunakan api kecil agar matangnya merata. Karena warnanya hitam, jadi untuk ngecek donat sudah matang atau belum dilihat dari buih minyaknya. Biasanya donat yg baru digoreng buih minyaknya banyak, kalo yg sudah matang buihnya berkurang/lebih kalem.

    5. 5. 

      Diamkan donat hingga dingin, baru deh diberi topping
    6. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.



 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel