20 Makanan Korea Populer, Praktis Bisa Dibuat dari Rumah

Tren K-pop membawa efek cukup luas di Indonesia, salah satunya ketertarikan terhadap budaya Korea Selatan (Korsel). Banyak orang kemudian ingin mengetahui lebih jauh mengenai Negeri Ginseng, salah satunya makanan Korea. Drama Korea dan berbagai tayangan dari Korsel lainnya, banyak memberikan pengaruh terhadap pengenalan makanan khas dari negara tersebut. Makanan Khas Korea Sama halnya dengan negara lain, Korea Selatan juga memiliki beberapa makanan khas yang siap menggoyang lidah penikmatnya. Beberapa makanan khas Negeri Ginseng ini mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Ingin tahu apa saja makanan khas Korea? Simak, Yuk.

1.Kimchi 
Mendengar kata Korea, akan mengingatkan langsung dengan kimchi. Sayuran fermentasi dengan warna oranye ini sudah sangat populer tidak hanya di Indonesia, melainkan juga di dunia. Kimchi umumnya terbuat dari sawi putih yang difermentasi menggunakan bumbu khas Korea, gochujang. Waktu fermentasi kimchi sekitar satu minggu, namun ada juga varian yang bisa langsung dikonsumsi begitu dibuat. Bagi orang Korea, kimchi harus ada di setiap makanan harian, sebagai lauk pendamping nasi dan makanan lainnya. 

2. Bibimbap 
Bibimbap merupakan makanan Korea yang dikenal sebagai nasi campur. Makanan ini tergolong menu sehat dan bernutrisi, karena terdapat banyak jenis sayuran seperti wortel, timun, lobak, dan lainnya. Selain itu, dalam seporsi bibimbap juga terdapat telur ceplok dan daging sapi yang membuat kandungan gizinya semakin lengkap. Makanan ini cocok disantap pagi, siang, atau malam hari.

3. Bulgogi 
Pilihan makanan Korea lainnya yang bisa dicoba yaitu bulgogi. Makanan ini mirip dengan makana asal Jepang, yakni beef teriyaki. Keduanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utama,kemudian ditumis atau dipanggang bersama bumbu khas. Bulgogi akan terasa semakin nikmat jika dikonsumsi dengan nasi khas Korea, serta kimchi.

4. Kimbap 
Sekilas makanan ini mirip dengan sushi, namun keduanya berbeda terutama dari bahan pembuatnya. Jika sushi umumnya terbuat dari nasi dan ikan, namun kimbap terbuat dari bahan yang lebih beragam seperti telur, sayur, dan daging. Makanan Korea halal ini cukup banyak diminati, dan cocok untuk dijadikan bekal sekolah anak. 

5. Jjangmyeon 
Pecinta mie mungkin akan tertarik untuk mencicipi makanan khas Korea yang satu ini. Jjangmyeon merupakan olahan mie yang berasal dari Negeri Ginseng dengan tambahan saus kedelai hitam yang membuatnya berwarna gelap. Makanan ini juga biasanya ditambah topping seperti sayuran dan daging yang membuat rasanya semakin kaya. 

6. Tteokbokki 
Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Tteokbokki atau kue beras khas Korea ini sudah sering wari-wiri di berbagai judul drama Korea. Makanan ini memiliki rasa pedas dengan tekstur kenyal. Biasanya, tteokbokki dijual di pinggir jalan dan dinikmati bersama fish cakes, telur rebus, dan irisan daun bawang yang membuat rasanya semakin lezat. 

7. Eomuk guk Makanan ini sebenarnya mirip dengan pangsit, hanya saja penyajiannya berbeda. Eomuk guk terbuat dari gorengan ikan yang ditusuk, kemudian disajikan bersama kuah. Eomuk guk yang rasanya mirip dengan otak-otak ikan ini paling cocok dinikmati saat musim hujan ataupun cuaca dingin.

8. Samgyetang 
Makanan berkuah lainnya yang juga berasal dari Korea yaitu samgyetang. Sup ini terbuat dari daging ayam utuh, ginseng, dan berbagai bumbu rempah yang membuat rasanya semakin lengkap. Samgyetang merupakan sup daging ayam utuh yang diisi dengan nasi ketan, akar ginseng,  kurma korea dan bawang putih. Daging ayam tersebut kemudian direbus bersama kaldu dan bumbu lainnya. Bagi muslim, Samgyetang bisa menjadi pilihan menu santapan saat berkunjung ke Korea Selatan. 

9. Miyeok guk 
Miyeok guk atau sup rumput laut ini sudah sangat populer. Di negara asalnya, miyeok guk disajikan saat perayaan ulang tahun. Sup ini berbahan dasar rumput laut yang dilengkapi bumbu seperti minyak wijen, bawang putih, dan gochujang. Selain lezat, miyeok guk juga dipercaya mampu menjaga stamina tubuh tetap sehat. 

10. Mandu guk 
Masih dari kelompok sup, kali ini ada makanan khas Korea berkuah yakni mandu guk. Makanan ini terdiri dari pangsit rebus dengan isi kimchi, daging, dan seafood. Tambahan kue beras, sayuran, daging, dan telur menjadikan makanan ini semakin unik. Menu ini bisa menghangatkan tubuh sehingga cocok dikonsumsi sebagai menu makan malam atau saat musim dingin tiba. 

11. Juk 
Juk atau bubur Korea juga menjadi makanan khas yang bisa Anda coba. Meski sama-sama terbuat dari beras yang dimasak dengan tambahan banyak air, namun juk berbeda dangan bubur yang ada di Indonesia. Salah satu perbedaan yang menonjol yaitu pada varian rasanya. Juk memiliki banyak varian mulai dari bubur polos, bubur ayam, bubur kacang merah, bubur udang, dan bubur abalon. 

12. Bungeo ppang 
Bungeo ppang merupakan roti yang berbentuk ikan dengan isian kacang merah, cokelat, keju, dan berbagai varian rasa lainnya. Makanan ini biasanya dijual di pinggir jalan, sehingga bungeo ppang masuk dalam kelompok street food yang populer.

13. Hotteok 
Makanan khas Korea yang juga halal yaitu hotteok. Makanan ini mirip dengan pancake, dengan menggunakan adonan roti. Hotteok memiliki isian di dalamnya, seperti madu, sirup gula merah, sayuran, bihun Korea, hingga kimchi. 

14. Pajeon 
Gorengan khas Korea selanjutnya yaitu pajeon. Ukurannya sangat besar seperti ukuran wajan anti lengket, dan terdiri dari berbagai campuran sepertti daun bawang yang dibiarkan memanjang tanpa di potong. Daun  bawang tersebut kemudian diletakkan di atas wajan anti lengket, lalu secara perlahan disiram adonan tepung.  

15. Ojingeo gui 
Jika Indonesia memiliki makanan bernama sate, ternyata Korea juga memiliki makanan khas yang mirip dengan sate. Nama makanan tersebut ojingeo gui atau dalam bahasa Indonesia berarti sate cumi panggang. Ojingeo gui terbuat dari cumi yang sudah dipotong-potong, ditusuk, kemudian dipaggang di atas arang. Umumnya makanan ini dijual di pasar tradisional maupun pinggir jalan. 

16. Dakkochi Masih memiliki bentuk yang sama seperti sate, dakkochi juga dikenal dengan sebutan sate ayam Korea. Makanan ini terbuat dari daging ayam yang ditusuk dengan lidi atau stik, kemudian di panggang. Perbedaan dakkochi dengan sate ayam Indonesia yaitu cita rasaya yang pedas. Selain itu, di antara daging ayam juga disisipi daun bawang, sehingga rasanya semakin unik. Ukurannya pun lebih besar dibandingakan sate ayam di Indonesia. 

17. Twigim 
Makanan yang satu merupakan olahan yang digoreng hingga menghasilkan cita rasa renyah. Twigim memiliki kulit luar seperti tempura, dengan beragam bahan dasar seperti cumi, udang, sayuran, telur, hingga ubi jalar. Variasi tersebut membuat gorengan ini semakin kaya rasa. 

18. Gyeran ppang 
Olahan makanan ini merupakan gabungan dari telur dan roti. Telur utuh biasanya dipanggang sebagai isian roti, atau bahkan di taruh di atas roti berbentuk persegi panjang. Di atas telur kemudian ditaburi peterseli, kacang, atau biji-bijian. Makanan Korea ini cocok menjadi menu sarapan karena mengenyangkan dan bergizi.

19. Japchae 
Makanan khas Korea satu ini terbuat dari sohun atau bihun yang dicampur sayuran dan daging sapi. Japchae biasanya disajikan dengan lauk pada acara besar. Makanan ini ternyata memiliki sejarah cukup panjang. Diketahui japchae sudah ada sejak abad ke-17, tepatnya saat Dinasti Joseon. 

20. Cheonggukjang 
Berbeda dengan beberapa makanan Korea sebelumnya yang terbuat dari daging atau seafood, cheonggukjang terbuat dari kedelai yang sudah difermentasi. Kedelai tersebut kemudian diolah menjadi sup. Aroma makanan ini sangat kuat dan rasanya juga lezat. Makanan Korea Berkuah dan Pedas Korea sebagai negara dengan empat musim memiliki keberagaman dan mempengaruhi ciri khas makanannya. Negara ini cukup banyak memiliki makanan khas berkuah dengan cita rasa pedas yang cocok dimakan saat musim dingin tiba. 

Itulah beberapa makanan Korea dengan cita rasa khasnya yang bisa Anda coba. Beberapa makanan tersebut juga cukup mudah dijumpai di Indonesia. Bahkan, resep dari beberapa makanan di atas juga banyak beredar, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dinikmati bersama keluarga.











Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel