9 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh



Apakah kamu malas dalam berolahraga berat? Atau saking sibuknya maka kamu sulit untuk menggerakan badan yang membuat tubuh terasa sakit? Jika iya, maka sudah sebaiknya meluangkan waktu setidaknya seminggu sekali untuk bisa berolahraga ringan saja misalnya berjalan kaki untuk menjaga kesehatan tubuh kamu sendiri. Jalan kaki selama berjam-jam ternyata bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh seseorang. Coba saja kamu lakukan berjalan kaki minimal 30 menit saja setiap hari atau seminggu sekali, maka efek positifnya bisa terasa sekali kepada kesehatan tubuh kamu.

Kebanyakan ahli kesehatan sudah membuktikan kalau jalan kaki lebih menyehatkan tubuh dibandingkan olahraga lain semisal jogging atau bersepeda. Daripada melakukan olahraga berat semisal angkat barbel, berlari, push up atau lainnya, maka berjalan kaki dalam waktu yang lama bisa membantu menurunkan berat badan tubuh seseorang yang kegemukan. Cocok sekali kalau kamu sedang melakukan diet sehat kepada tubuhmu yang banyak lemaknya maka jalan kaki sekitar 30 menit sehari bisa membantu membakar lemak pada tubuh kamu.

Apalagi kalau kamu yang terlalu sibuk bekerja sampai stres dan penuh dengan tekanan, maka di waktu liburan tiba maka perbanyak saja berjalan kaki untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhmu serta menghindarkan diri dari tingkat stres yang kamu rasakan hingga sekarang ini. Jangan anggap sepele mengenai stres yang dirasakan oleh diri kamu, karena bisa saja sewaktu-waktu kamu terkena serangan jantung, kerusakan otak, depresi, frustasi dan penyakit lain yang sangat berbahaya jika stres dalam waktu yang berkepanjangan.

Sekarang saya ingin memberikan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari melakukan jalan kaki dalam jarak dekat maupun jauh yang tentu saja berkhasiat sekali bagi kesehatan tubuh kamu sendiri.

9 Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan tingkat stres.

Stres yang berkepanjangan tentu saja tidak akan bagus untuk kesehatan tubuh kamu dan juga bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari. Maka dari itulah kamu sudah seharusnya berolahraga secara rutin untuk bisa menurunkan tingkat stres yang kamu rasakan sekarang ini. Jadi ada baiknya kalau kamu lakukan saja berjalan kaki yang merupakan salah satu olahraga ringan yang bermanfaat untuk menurunkan tingkat stres yang sedang kamu rasakan. Cobalah setiap hari atau seminggu sekali berjalan kaki minimal 30 menit untuk merasakan khasiatnya pada tubuhmu.

2. Menjaga kesehatan jantung.

Jantung yang selalu sehat maka akan membuat umur seseorang bertahan lama dan jantung adalah salah satu organ tubuh paling penting untuk kelangsungan hidup. Tentu saja tidak ada orang yang ingin terkena penyakit jantung yang berakibat pada kematian mendadak. Jantung bisa selalu sehat kondisinya jika seseorang sering menggerakan tubuhnya sendiri alias olahraga, karena itulah jalan kaki adalah salah satu olahraga tepat untuk menjaga kondisi jantung tetap sehat dan mencegah penyakit kardiovaskular.

3. Menurunkan kadar kolesterol.

Kadar kolesterol yang tinggi bisa berakibat pada ancaman terhadap kesehatan tubuhmu. Salah satunya adalah terkena sakit jantung, jadi kalau mau menjaga kadar kolesterol tubuh tetap terkontrol maka lakukan saja olahraga yang ringan yaitu berjalan kaki dalam waktu lama untuk menjaga kesehatan kadar kolesterol tetap stabil.

4. Tekanan darah tetap stabil.

Stabilnya tekanan darah seseorang pada ukuran normal bisa membuat kesehatan tubuhnya tetap terjaga dengan baik. Kalau saja seseorang mempunyai tekanan darah yang tinggi maka bisa berakibat penyakit datang ke dalam tubuhnya, misalnya saja stres, serangan stroke, peredaran darah tidak lancar dan lainnya. Jadi jalan kaki saja secara rutin untuk menjaga tekanan darah tetap terkontrol dengan baik.

5. Menurunkan berat badan.

Apakah kamu mempunyai tubuh yang kegemukan/ Atau kamu sedang melakukan program diet yang tepat untuk menurunkan lemak pada tubuhmu? Ya kawanku, jadi berolahraga dengan cara jalan kaki setiap hari ternyata mampu mengurangi lemak di dalam tubuh yang pada akhirnya kamu bisa mendapatkan tubuh yang ideal hanya dengan rutin berjalan kaki saja. Banyak sudah orang yang tubuhnya ideal dan berhasil berdiet dengan sering berjalan kaki dalam waktu lama dalam membakar lemak tubuh.

6. Mencerdaskan otak.

Otak yang selalu sehat apalagi lebih cerdas, tentu saja semua orang menginginkannya, makanya jalan kaki bisa membuat otak kamu lebih cerdas karena aliran darah lebih lancar dan menghindarkan diri dari penat pikiran yang dirasakan oleh otak seseorang. Orang yang otaknya cerdas maka kebanyakan dia sering melakukan olahraga ringan jalan kaki dalam waktu yang lama setiap hari.

7. Mengurangi depresi.

Jalan kaki juga ternyata bisa mengurangi tingkat depresi yang sedang kamu rasakan. Terutama berjalan kaki pada waktu pagi hari yang tepat selain bisa mengurangi depresi, maka tubuh bisa mendapatkan vitamin D secara gratis. Hangat sinar matahari pagi sangat bagus untuk kesehatan otak dan lakukan saja sesering mungkin berjalan kaki di pagi hari demi sakit depresi kamu yang nantinya semakin membaik.

8. Membuat tidur lebih nyenyak.

Apakah kamu mengalami gangguan tidur atau insomnia? Ya itu dikarenakan kamu kebanyakan pikiran, makanya teratur olahraga bisa membuat tidur kamu semakin nyenyak. Jadi daripada melakukan olahraga berat maka jalan kaki saja yang mudah dilakukan dan bisa membuat kualitas tidur kamu semakin baik di malam hari.

9. Memperkuat sistem daya tahan tubuh.

Apakah kamu mudah sakit-sakitan? Kalau kamu gampang sakit, maka dikarenakan kamu mempunyai daya tahan tubuh yang lemah dan kamu harus bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu sesegera mungkin. Nah kabar baiknya adalah berjalan kaki bisa membuat daya tahan tubuh kamu semakin meningkat, apalagi pada pandemi corona sekarang ini yang semua orang wajib memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi guna mencegah penularan virus covid-19. Banyak sudah orang yang rajin berjalan kaki maka dirinya tidak mudah jatuh sakit ketimbang yang malas jalan kaki.

Sekarang kamu sudah tahu bukan, kalau ternyata jalan kaki setiap hari bisa memberikan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh kamu? Kalau sudah mengetahui khasiatnya maka lakukan saja berjalan kaki setiap hari minimal 30 menit saja untuk mendapatkan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kamu. Apalagi kalau kamu merupakan orang yang banyak pikiran atau stres, maka jalan kaki bisa mengurangi semua keluhan yang sedang kamu rasakan.

Coba saja seminggu sekali kamu jalan kaki 10.000 langkah atau minimal selama 1 jam saja di waktu pagi hari, yang pasti akan terasa sekali efeknya bagi kesehatan tubuh kamu yang selalu terjaga dengan baik.

Oke kawanku, jadi sekian dulu artikel kesehatan saya kali ini seputar beberapa manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh kamu yang semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel