12 Alasan Untuk Tidak Menyimpan Dendam Demi Kesehatan Dan Marabahaya



Apakah kamu seorang yang memiliki sifat dendam? Apakah kamu ingin tetap sehat dan sukses mendapatkan semua keinginan kamu yang belum terwujud? Kalau kamu seseorang yang suka dendam kepada orang lain, siapapun itu maka akan ada dampak buruk terhadap semua kelakuan yang kamu lakukan selama ini.

Resiko buruk dari seseorang yang sering menympan dendam akan berdampak kepada kehidupannya yang semakin menurun kualitas hidupnya dan mengalami masalah kesehatan dari fisik maupun kejiwaan. Sudah banyak sekali orang yang tidak sadar kepada perbuatannya yang suka memendam rasa benci, iri hati, syirik, hasad, merasa rugi, suka menghina orang lain dan lainnya yang termasuk ke dalam penyakit hati.

Penyakit hati yang selalu tersimpa di dalam diri seseorang, maka lama-kelamaan bisa menyebabkan orang tersebut mengalami masalah kesehatan yang berdampak terhadap penyakit yang akan dia rasakan. Tentu saja aktivitas pribadi semakin terganggu dan dalam bersosialisasi dengan orang di sekitarnya semakin banyak masalah yang datang.

Untuk itulah sangat penting bagi diri sendiri untuk memahami betapa pentingnya memiliki hati yang bersih dan selalu rajin dalam membersihkan jiwa sendiri, yang berdampak kepada hidup yang semakin sehat dan bahagia. Bukan cuma orang yang sering bergejolak perasaan hatinya saja yang akan terluka, namun orang di sekitarnya juga ikut terluka dan merasakan rasa sakit seperti dirinya.

Lupakan semua rasa kesal dan sakit hati dari orang yang sudah menyakiti perasaan hati kamu dan jangan sampai kamu selalu terlarut terus ke dalam rasa kesal dan kesedihan yang selalu saja menguasai diri kamu. Banyak orang di dunia ini yang selalu dipenuhi dengan emosi buruknya dan mereka tidak bisa mengendalikan emosinya tersebut.

Berlatih dalam mengelola emosi diri sendiri bisa membuat kita sukses dalam jangka panjang. Kesuksesan tidak akan bisa kita raih kalau diri kita selalu merasa putus asa apalagi sampai kehilangan semangat hidup. Kuatkan diri dalam melatih setiap permasalahan hidup yang selama ini kamu rasakan. Beri kebahagiaan kepada diri kamu dan lupakan masa lalu yang pahit dan segera melihat masa depan yang terus bersinar terang membuat kamu menjadi selalu semangat dalam menjalani kehidupan.

Hidup yang sementara ini harus bisa kita manfaatkan dengan baik dan jangan sampai kita hidup hanya untuk terus melakukan kesalahan yang sama, yaitu hidup dengan rasa sakit dan kerugian yang terus kita rasakan ke depannya. Sudah selayaknya kita selalu yakin kalau kita merasa layak mendapatkan apapun itu dan yakin bisa mewujudkannya untuk menjadi nyata.

Tidak ada orang yang bisa melawan nasib kehidupannya yang selalu memburuk, kalau dirinya selalu saja putus asa, apalagi sampai menyerah dalam menekuni pekerjaan yang selalu dia jalani selama ini. Ingat kalau semua usaha yang selalu kita lakukan maka tidak mungkin bakal 100% mengalami jalan yang mulus.

Yang pasti untuk bisa mempunyai kekuatan dalam membangun kesuksesan dalam meraih mimpi, maka kita harus bisa berdamai dengan diri kita sendiri dan orang di sekitar kita. Kita wajib bisa mengendalikan emosi diri kalau tidak ingin merasakan malapetaka yang dilakukan oleh buruknya emosi yang selalu terpendam di dalam jiwa kita selama ini.

Dendam yang selalu tersimpan di dalam dada seseorang bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius ke depannya. Pastikan untuk selalu bisa belajar ikhlas dan jangan pernah mengulangi masalah yang sama seperti dulu. Masalah hidup ini memang tidak akan ada habisnya, yang tentu saja kita harus bisa bersiap dalam menghadapi dan menyelesaikan semua permasalahan hidup yang datang kepada kita.

Hidup akan selalu tidak bisa tenang dan hari-hari akan selalu diwarnai dengan banyaknya gejolak emosi buruk dari dalam jiwa seorang pendendam. Berbahaya sekali bagi diri seseorang yang suka menyimpan dendam, sebab nantinya pasti akan ada masalah lain yang datang kepada dirinya, seperti sosialisasi kepada ingkungan sekitar bisa berantakan dan selalu dipenuhi dengan banyak pertikaian.

Coba lihat saja sendiri di sekeliling kamu, apakah ada orang yang bahagia dalam bergaul? Lalu apakah mereka mempunyai banyak teman? Tentu saja mereka para jiwa yang selalu menyimpan dendam, maka besar kemungkinan bisa mendapatkan musuh dibandingkan dengan teman yang selalu mendukung segala aktivitasnya.

Keadaan hidupnya semakin tidak terkendali dengan baik yang berujung pada resiko besar kalau dirinya akan segera mengidap penyakit serius semisal jantung dan stroke. Ada juga beberapa penyakit lain yang dirasakan dari orang yang suka menyimpan dendam yaitu menjadi sakit jiwa atau gila.

Banyak juga orang yang suka kesal sendiri dan ngomong sendiri, padahal tidak ada satupun orang di sekitarnya. Karena mereka selalu berpikir untuk bagaimana cara untuk bisa membalas semua kelakuan buruk dari orang yang sudah menyakiti hatinya. Jadi dengan melupakan dendam, maka kehidupan akan semakin terasa indah dan menyenangkan.

Sakit jiwa pada diri orang pendendam akan semakin melekat dan dirinya begitu sulit mengendalikan emosi buruk yang ada di dalam hatinya. Ingat kalau penyakit hati dapat berpengaruh terhadap menurunnya kesehatan fisik dan berpengaruh pula pada kesehatan mentalnya.

Kamu sama saja sedang mengubur dirimu di dalam kuburan yang memang kamu gali sendiri. Banyak sekali orang bodoh yang selalu berusaha berpikir membalaskan dendam kepada orang yang sudah menyakitinya dengan tindakan. Mendingan kamu berusaha untuk memperbaiki diri kamu sendiri agar tidak lagi dipermainkan oleh orang lain.

Hati yang sudah sakit memang sulit sekali disembuhkan, namun bukan berarti tidak bisa disembuhkan. Kamu cukup diam dan lakukan saja hobi kamu ke depannya dan terus berusaha memberikan yang terbaik untuk diri sendiri. Kamu pasti tidak ingin berada di dalam rumah sakit jiwa bukan? Makanya dari sekarang latih saja diri kamu untuk melawan semua emosi buruk di dalam jiwa kamu.

Sangat sulit sekali bagi diri siapapun yang bisa mengendalikan gejolak emosi di dalam jiwanya dan apalagi kalau kondisi finansial sedang bermasalah. Finansial yang selalu tidak tercukupi, maka bisa membuat diri seseorang terserang penyakit mental dan sulit dalam membawa dirinya untuk bersikap tenang dalam menghadapi segala macam situasi sulit.

Jangan suka mengeluh kawanku dan jangan juga merasa iri hati jika ada teman kita yang sukses, lalu mereka melupakan kita. Sebab biarkan saja mereka melupakan kita, asalkan mereka tidak merugikan kita. Sekarang ini sudah banyak orang yang mudah sekali tersinggung dengan sedikit saja ucapan tidak enak yang dilontarkan kepadanya.

Hidup yang sehat dan bahagia adalah jika seseorang bisa 100% menerima kenyataan hidupnya sendiri dengan bersyukur dan ikhlas. Lalu jangan pernah membuat kesalahan lagi di lain waktu, yang menyebabkan kamu terseret kembali ke dalam lubang keterpurukan yang sulit sekali untuk bisa bangkit dari sana.

Kesal terhadap perlakuan orang yang selalu saja berbuat semena-mena terhadap kita memang akan membuat situasi akan bertambah buruk, apalagi kalau saat menyimpan dendam maka kamu terus saja memikirkannya. Tentu ke depannya bisa membawa kamu ke dalam marabahaya dan dampak negatif dari dalam diri kamu sendiri.

Banyak sekali orang yang suka menyimpan banyak gejolak emosi buruk di dalam jiwanya dan mereka pada akhirnya terus saja merasakannya sampai ajalnya datang. Tentu saja dampaknya tidak akan bagus untuk kamu rasakan jika selalu menyimpan perasaan yang buruk tersebut kepada diri orang di sekitar kamu.

Nah kawanku, akan jauh lebih baik lagi jika kamu belajar untuk memaafkan semua kelakuan buruknya terhadap diri kamu dan pastikan kamu untuk meningkatkan kualitas diri kamu menjadi semakin baik lagi ke depannya. Mengontrol diri sendiri sangat perlu dilakukan dari sekarang bagi kamu yang belum mengerti malapetaka yang diakibatkan dari gejolak emosi yang selalu negatif yang terus kamu rasakan.

Kehadiran orang yang selalu menyakiti perasaan hati kamu maka sebaiknya kamu lepaskan saja dan jangan pernah melakukan kesalahan yang sama di lain waktu. Banyak sekali orang yang selalu merasa sakit hati dan berujung pada kematian yang dirasakan oleh dirinya.

Tubuh akan mengalami penurunan kualitas yang berdampak kepada penyakit hati yang selalu saja dirasakan oleh orang di sekitar kita saat ini. Banyak sekali orang yang hidupnya dipenuhi dengan kebencian yang berujung pada rasa sakit akan jiwanya yang selalu bermasalah dan akhirnya mereka malah masuk rumah sakit jwa.

Alasan Berhenti Menyimpan Dendam Demi Kesehatan Dan Marabahaya


1. Membuat usia semakin pendek.

Usia kamu akan terus mengalami banyak penurunan dan gangguan kesehatan juga akan semakin bermasalah, tentu saja kesehatan mental seseorang yang selalu menyimpan dendam akan terus terganggu yang mnyebabkan dirinya bisa mengalami usia yang cepat berlalu. Jarang sekali kalau orang yang suka meyimpan dendam maka dirinya bisa berumur panjang dan tidak mengalami gangguan kesehatan.

2. Ujian hidup tidak akan ada habisnya.

Akan selalu datang banyak cobaan hidup kepada diri kamu yang selalu saja menyimpan banyak penyakit hati. Allah swt sangat membenci orang yang di dalam hatinya terdapat penyakit dan tentunya akan ada banyak cobaan hidup yang dirasakan oleh seseorang yang bersifat pendendam tersebut.

3. Menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Ternyata penyakit hati yang ganas berupa dendam ini bisa membuat jiwa kamu bermasalah yang berakibat pada menurunnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Tidak akan ada orang yang sehat fisiknya jika di dalam jiwanya selalu merasakan rasa sakit yang setiap hari dia rasakan. Adanya hormon tertentu dari dalam diri seseorang yang meningkat cepat dan membuat daya tahan tubuhnya semakin menurun.

4. Mudah terserang penyakit.

Apapun jenis penyakit yang datang kepada tubuhmu bisa dengan mudah kamu akan terinfeksi olehnya, yang disebabkan menurunnya daya tahan tubuhmu. Melupakan orang yang sudah berbuat dzalim kepada kamu pasti akan membuat kamu semakin berkualitas.

5. Tidak punya teman.

Mana ada orang yang mempunyai sifat dendam maka dirinya banyak disukai dan memiliki banyak teman? Kecil sekali kemungkinan kalau orang yang pendendam bisa mempunyai banyak teman. Paling dia berteman dengan orang yang dendam juga yang sama dengan dirinya.

6. Bisa mempunyai banyak musuh.

Kalau kamu suka menyimpan dendam kepada diri seseorang, maka kemungkinan besar kamu akan mempunyai banyak musuh dan akan mengalami banyak kesulitan hidup. Mana ada orang yang dendam tidak punya musuh? Pastikan kalau kamu dari sekarang untuk menyembuhkan semua luka di dalam hati kamu agar kehidupan menjadi semakin indah dan berwarna cerah.

7. Stres berkepanjangan.

Otak yang selalu saja memikirkan cara untuk bisa membalas dendam kepada diri orang lain pasti akan semakin stres dan akan terus dirasakan dalam waktu yang panjang. Maka bisa saja dia akan mengalami masalah kesehatan akibat stres yang dirasakan. Stres yang terus dirasakan bisa meyebabkan dirinya mengidap penyakit jantung dan stroke.

8. Depresi.

Stres dan depresi merupakan penyakit jiwa yang berbeda. Kalau stres maka hanya dengan menonton acara yang lucu dan humoris maka perasaannya akan mulai membaik. Tapi kalau depresi lebih parah dari stres yang bisa menyebabkan orang tersebut bunuh diri karena banyaknya perasaan negatif di dalam jiwanya. Depresi bisa berpengaruh terhadap masalah kejiwaan dan tentu saja besar kemungkinan kalau orang tersebut akan bunuh diri atau mencelakai orang di sekitarnya.

9. Penyakit jantung dan stroke.

Rentan sekali orang yang jiwanya banyak mengalami penyakit terutama dendam, maka sangat besar kemungkinannya untuk mengalami penyakit stroke dan jantung. Otak akan selalu berpikir secara kritis yang mencari cara untuk bisa membalas semua rasa sakit yang dirasakan oleh orang yang sudah melukai jiwanya. Nantinya sistem peredaran darah menjadi tidak lancar yang membuat tubuh bisa terserang penyakit jantung dan stroke.

10. Kesulitan dalam bersosialisasi.

Sosialisasi itu penting sekali untuk dilakukan dan kalau jiwa kamu banyak menyimpan dendam, maka akan besar kemungkinan bisa sulit bergaul dan terlihat dari raut wajah kamu yang semakin gelap dan tidak bercahaya yang membuat kamu merasa selalu kesakitan. Mana ada orang yang mau berteman dengan orang yang jiwanya sakit?.

11. Meracuni diri sendiri.

Dendam tentu saja bisa menyebabkan kamu mendapatkan racun yang kapanpun bisa menewaskan kamu. Racun yang terus menumpuk di dalam jiwa bisa membuat hidup kamu semakin tidak tenang. Racun tersebut akan membawa banyak dampak buruk dan juga kesialan hidup yang tiada habisnya dapat kamu rasakan.
12. Kerusakan otak.

Otak akan terus berpikir dan mencari cara untuk bisa terus bekerja yang pada akhirnya otak bisa mengalami kerusakan yang parah. Kerusakan otak akibat terlalu banyak berpikir bisa membuat orang tersebut terkena serangan stroke dan rusaknya sel-sel otak yang pada akhirnya akan mengalami kesulitan berkonsentrasi. menurunnya daya ingat dan keseimbangan tubuh akan terganggu.



Nah kawanku, alasan di atas bisa membawa kamu untuk kembali berpikir lagi kalau dari sekarang jangan pernah lagi menyimpan dendam kepada diri orang lain. Perasaan bersalah atas apa yang sudah kamu lakukan maka di lain waktu kamu harus bisa belajar dari apa yang sudah terjadi kepada diri kamu saat ini.

Terima saja kenyataan hidup kamu dan jalani hidup dengan penuh rasa syukur atas semua nikmat tuhan yang sudah diberikan kepada kamu. Melupakan dendam adalah cara terbaik untuk bisa membuat diri semakin merasa bahagia dan terhindar dari banyak marabahaya yang bisa saja kapanpun kamu rasakan.

Biasanya orang yang patah hati karena pacarnya berselingkuh dengan pria lain atau sudah banyak mengorbankan sesuatu lalu malah dicampakan dan dikhianati oleh orang lain yang menyebabkan diri orang tersebut bisa berdampak pada menurunnya kesehatan.

Tidak mungkin sekali kalau si pendendam bisa merasakan banyak kenikmatan di saat hidup di dunia ini. Kehidupan dunia akan sangat bergantung kepada diri orang tersebut yang menjalankannya. Jadi semua kenikmatan dan kebahagiaan hidup akan dirasakan oleh orang yang mempunyai jiwa yang bersih.

Jiwa yang sehat tentu akan mendatangkan banyak keberuntungan hidup dan jangan pernah menyalahkan nasib di sekitar kamu kalau hidupmu selalu saja diwarnai dengan kesialan yang tiada akhirnya. Kesialan dan marabahaya akan datang kepada kamu yang banyak menyimpan perasaan negatif, apalagi dendam yang sudah kesumat dirasakan.

Oke kawanku, sekian saja artikel saya kali ini berupa 12 alasan untuk kamu berhenti menyimpan dendam kepada orang lain. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel