9 Makanan Enak Yang Dapat Mengatasi Masalah Tidur



Tidur merupakan aktivitas yang perlu dilakukan guna membuat tubuh bisa meregenerasi sel dan jaringan di dalam tubuh untuk tetap tergenerasi dengan baik. Orang yang terkendala dengan jam tidurnya maka bisa menyebabkan gangguan pada kesehatannya yang terus menurun.

Orang yang kesulitan tertidur dalam waktu yang cukup dengan nyenyak maka bisa berdampak buruk pada kondisi kesehatan seseorang seperti sakit kepala, sakit pada bagian leher, suka kesemutan dan lainnya. Biasanya gangguan tidur bisa dinamakan dengan gejala insomnia yang kalau semakin dibiarkan begitu saja maka bisa mengalami masalah kesehatan serius hingga kematian mendadak.

Orang yang sulit tidur tentu saja yang terasa dampaknya adalah pada kepalanya yang terasa berat dan keseimbangan tubuh pun semakin berkurang. Tubuh yang kehilangan keseimbangan bisa mengakibatkan diri seseorang mengalami resiko terjatuh, tersandung atau bisa juga sampai tertabrak mobil.

Insomnia yang selalu kamu rasakan maka jangan pernah kamu remehkan, sebab bisa berdampak buruk terhadap sistem saraf di dalam tubuh kamu yang semakin menurun fungsinya. Menjaga kesehatan diri haruslah bisa kita lakukan sedini mungkin yang tentu saja berikan tubuhmu kualitas tidur yang baik.

Masalah tidur bukan kamu saja yang merasakannya dan sudah banyak orang yang merasakan kesulitan akan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Tidur bisa menjaga tubuh tetap prima dan segar kalau bisa dilakukan secara tepat waktu.

Makanan yang kamu makan setiap hari ternyata berpengaruh pula terhadap kondisi tubuhmu dan kualitas tidur kamu. Orang yang jarang mengonsumsi makanan sehat dan tepat maka bisa menurunkan masalah terhadap kualitas tidurnya yang kian memburuk.

Jenis Makanan Nikmat Disantap Yang Dapat Berpengaruh Terhadap Kualitas Tidur Yang Semakin Baik


1. Kacang almond.


Kacang almond mengandung melatonin dosis tinggi yang cocok sekali untuk mengatasi masalah tidur yang dialami oleh diri seseorang. Sekitar 1 ons kacang amond mengandung 76 mg kalsium dan 77 mg magnesium. Dengan ada dua kandungan tersebut yang berfungsi membuat tubuh menjadi rileks dan tentu saja membawa kualitas tidur menjadi semakin baik.

Enak pula dijadikan bahan camilan di malam hari saat ingin tertidur maka kamu bisa mengonsumsi saja misalnya 1 bungkus kacang almond untuk membuat otot tubuh rileks dan menjadikan kamu merasa nyaman untuk tidur dengan nyenyak.

2. Susu hangat.


Susu merupakan salah satu jenis minuman yang banyak disukai orang siapapun itu karena susu terasa enak dan bagus bagi kesehatan jika dikonsumsi setiap hari. Minum susu setiap hari maka tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat seperti tercukupi kebutuhan vitamin, membuang racun di dalam tubuh dan banyak lagi.

Susu mengandung senyawa yang bisa membantu menunjang tidur kamu seperti triptofan, kalsium, melatonin dan vitamin D. Kalau kamu sering mengonsumsi susu hangat sebelum tidur maka kamu bisa merasakan kalau hormon tubuh meningkat yang akan membuat diri semakin nyenyak untuk tidur.

3. Teh chamomile.


Banyak sudah orang yang berkurang gejala insomnianya karena sering mengonsumsi teh chamomile, adanya senyawa flavonoid yang bisa membuat tubuh mendapat rangsangan untuk bisa tidur lebih nyenyak. Kamu bisa minum teh ini sebelum tidur untuk membuat tubuh dapat tenang dan bisa menjadi ritual terbaik agar kualitas tidur semakin baik dirasakan.

4. Ikan berlemak.


Mengonsumsi makanan berupa ikan berlemak tinggi juga bisa membantu merangsang tubuh untuk bisa tidur. Ikan berlemak bisa menjadi sumber vitamin D dan asam lemak omega 3 yang baik. Kandungan serotonin akan bisa diatur dengan baik oleh tubuh agar bisa bangun dan tidur secara teratur. Ikan salmon, ikan sarden, ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk kualitas tidur yang semakin baik.

5. Buah pisang.


Buah pisang mengandung banyak nutrisi penting untuk membuat tubuh bisa mendapatkan banyak nutrisi penting dan juga membantu diri dapat tidur dengan nyenyak. Pisang mengandung triptofan yang bisa menjadi sumber magnesium yang baik bagi tubuh. 

6. Oatmeal.


Oatmeal bisa menjadi menu makan terbaik sebelum tidur yang mampu membuat kualitas tidur semakin baik. Mengonsumsi satu mangkuk oatmeal sebelum tidur atau di pagi dan malam hari maka bisa memberikan efek yang dapat merangsang tubuh lekas tertidur.

7.  Daging unggas.


Makanan daging sejenis ayam atau kalkun mengandung zat triptofan yang bagus untuk membantu diri seseorang cepat tertidur. Tubuh akan membentuk zat serotonin sendiri apabila sering mengonsumsi makanan tersebut yang berdampak pada ketenangan dan kenyamanan suasana hati seseorang. Perbanyak saja mengonsumsi makanan berjenis unggas yang bisa membantu mengurangi stres dan depresi.

8. Madu.


Minum madu yang mengandung glukosa terbaik yang bisa menurunkan kadar orexin, neurotransmitter di dalam otak yang membuat kamu merasa lebih waspada. Sering mengonsumsi madu murni bisa membantu tubuh bisa merasa lebih siap untuk tertidur nyenyak.

9. Telur.


Telur biasanya dapat disajikan secara instan seperti memasak telur ceplok dan telur dadar. Nah ada bagusnya jika dikonsumsi di waktu malam hari yang bisa membantu kamu dapat tertidur, karena adanya kandungan zat triptofan yang memberikan efek tubuh untuk bisa tidur dengan nyenyak.


Makanan tersebut bisa membantu diri seseorang lekas tertidur dan bisa kamu konsumsi setiap hari kalau kamu mengalami kesulitan untuk dapat tidur. Tidur yang kurang berkualitas bisa menyebabkan diri terserang banyak penyakit dan tentu saja stamina tubuh pun ikut menurun.

Tubuh yang dapat beristirahat dengan baik tentu akan memberikan diri seseorang tersebut kesehatan yang membantu dalam memulihkan diri dari banyak penyakit yang sedang dirasakan.

Sekian dulu artikel kesehatan saya kali ini seputar beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu diri mendapatkan kualitas tidur yang semakin baik. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel