8 Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami



Hampir semua orang di dunia ini pasti pernah merasakan yang namanya masalah kesehatan pada giginya. Gigi merupakan komponen tubuh manusia yang selalu digunakan setiap hari guna untuk mengunyah makanan untuk masuk ke dalam tubuhnya. Apabila gigi mengalami masalah kesehatan maka tentu saja diri seseorang bisa sulit untuk bisa makan dengan nyaman.

Kesehatan gigi perlu dijaga untuk selalu bisa sehat dan bersih dari berbagai plak atau kotoran yang menempel. Pastikan untuk selalu menggosok gigi minimal 2x dalam sehari yaitu di waktu pagi dan sore harinya. Kalau gigi selalu dijaga kebersihannya maka gigi tidak akan mudah mengalami masalah kesehatan.

Perlu diketahui kalau jarang menggosok gigi dan selalu saja menyepelekan kebersihan gigi bisa berdampak pada masalah kehehatan gigi yang lebih serius ke depannya. Gigi bisa mudah patah dan bisa jadi malah berlubang. Gigi yang terasa sakit bisa dipastikan terdapat bakteri yang diakibatkan diri seseorang tersebut jarang membersihkan giginya.

Aktivitas penting sehari-hari akan terus terganggu karena gigi yang bermasalah. Tentu saja kamu yang sedang merasakan rasa sakit atau nyeri gigi, maka tidak bisa langsung dibawa ke rumah sakit dan perlu dilakukan pengobatan secara darurat secepat mungkin.

Nah kawanku, Sekarang saya akan memberikan beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar keehatan gigi dapat terjaga dengan baik dan juga pada akhirnya kamu bisa sembuh dari gejala rasa sakit yang dirasakan oleh gigi yang bermasalah tersebut.

Cara Ampuh Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami


1. Berkumur dengan air garam.


Pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berkumur memakai larutan air garam. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok garam ke segelas air hangat lalu diaduk sampai garamnya larut ke air hangat di dalam gelas tersebut. Garam dikenal sebagai zat antibakteri yang bagus untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri di dalam gigi dan juga mampu membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi.

2. Kompres air es atau air hangat.


Mengkompres air es dan air hangat bisa membantu rasa nyeri pada gigi yang bermasalah menjadi berkurang rasa sakitnya. Gunakan saja handuk kecil yang bersih lalu basahi handuk tersebut dengan air hangat atau air dingin. Selanjutnya tempelkan handuk yang masih basah tersebut pada bagian gigi yang membengkak. Kompres saja selam waktu sekitar 15 menit untuk mengurangi rasa sakitnya.

3. Minyak cengkeh.


Minyak cengkeh mengandung yang namanya senyawa eugenol yang efektif bisa membantu mengatasi rasa sakit pada bagian gigi yang bermasalah. Caranya yaitu dengan meneteskan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam kapas lalu tempelkan saja kapas yang sudah diteteskan minyak cengkeh tersebut kepada bagian yang terasa sakit. Cara lainnya dengan berkumur memakai minyak cengkeh dengan setengah gelas air hangat yang terbukti bisa membantu membunuh bakteri yang ada di daerah gigi yang bermasalah. 

4. Bawang putih.


Bawang putih mengandung senyawa alicin yang bisa berfungsi sebagai zat antibakteri. Bawang putih dapat kamu kunyah saja sebagai cara terbaik untuk bisa melawan bakteri yang berada pada gigi yang membengkak. Kamu bisa mengunyah bawang putih pada waktu pagi, siang dan sebelum tidur untuk membuat gigi yang bermasalah cepat sembuh.

5. Jahe.


Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang bisa menjadi obat pereda nyeri karena jahe bisa menjadi zat antibakteri yang baik untuk mengobati masalah gangguan gusi yang membengkak. Tumbuk saja jahe tersebut lalu tempelkan jahe pada bagian gigi yang terasa sakit. Lakukan cara ini pada pagi dan sore hari sampai gigi yang terasa nyeri lekas membaik.

6. Iidah buaya.


Gel lidah buaya bisa membantu mengatasi masalah pada gigi yang bermasalah dan terasa nyeri. Selain itu gel lidah buaya juga bisa mengatasi luka bakar dan masalah kulit seperti tergores. Bakteri yang berada di dalam mulut akan mulai berkurang yang akhirnya jika sering digunakan maka gigi yang sakit akan mulai sembuh. Oleskan saja gel lidah buaya pada bagian gigi yang bermasalah lalu pijat secara perlahan-lahan sampai rasa sakitnya berkurang.

7. Cuka apel.


Infeksi pada gigi yang bermasalah dapat teratasi dengan memakai cuka apel ini. Jadi nantinya pertumbuhan bakteri di dalam mulut dapat berkurang yang mengakibatkan infeksi terhadap gusi yang membengkak semakin cepat diatasi. Kamu bisa menuangkan cuka apel ke setengah gelas air hangat lalu berkumur saja dengan larutan air cuka tersebut.

8. Daun jambu biji.


Daun jambu biji mengandung zat antibakteri yang mampu mengatasi masalah pada gigi yang bermasalah. Caranya adalah dengan mengunyah daunnya terutama ke gigi yang terasa sakit, nantinya akan ada dampak positif bahwa gigi yang sakit mulai membaik.


Kerusakan gigi memang bisa membuat diri seseorang merasa tidak nyaman saat mengunyah makanan. Enak sekali bukan? Kalau saja makanan yang dikunyah dapat terkunyah dengan baik karena keadaan gigi yang selalu sehat terjaga. Gigi yang sehat dan kuat harus bisa kita dapatkan dan rasakan setiap harinya.

Kalau misalnya keadaan gigi masih juga belum membaik maka segera konsultasikan saja ke dokter gigi terdekat di wilayah kamu saat ini Tentu saja dengan membawa diri ke dokter spesialis kesehatan gigi maka keadaan gigi akan semakin membaik.

Jadi sekian dulu artikel kesehatan saya kali ini seputar cara mengatasi masalah pada gigi yang bermasalah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel