13 Penyebab Kamu Selalu Disalahkan Orang Lain



Tentu saja kita sebagai manusia biasa yang memiliki emosi dan sikap yang berbeda dari yang lainnya, akan terasa tidak enak sekali jika kita selalu saja menjadi sasaran kemarahan orang-orang.

Tidak semua orang yang mengenal kita, maka dia menyukai kita dan pasti ada orang-orang yang tidak suka lalu ingin sekali membuat hidup kita hancur dan sulit untuk dapat mengejar apapun yang kita inginkan.

Jadi begini kawanku, kebanyakan orang itu memiliki sifat yang ingin sekali dibuat enak dan jika dia sudah mendapatkan suatu yang enak, maka dia akan mempertahankannya, walaupun harus mengorbankan orang lain.

Dalam bergaul maka kamu harus bisa menjaga dirimu sendiri agar tidak terjebak dalam kondisi yang dimana malah kamu yang menjadi kambing hitam. Kambing hitam yang saya maksud yaitu kamu yang menjadi tumbal atau menjadi korban pelampiasan diri orang lain.

Banyak sudah orang yang kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang di sekitarnya dan malah mereka sendiri yang harus menelan pil pahitnya. Rasa sakit dan kecewa dari teman yang ternyata malah menusuk kamu dari belakang.

Terihat baik dan manis di depan, namun malah akhirnya menusuk kamu dari belakang, yang tentunya saja terasa perih serta menyakitkan. Ada banyak sekali contoh yang dapat diambil dari sikap seorang teman, yang tentunya merasa senang jika kita mengalami kesulitan.

Padahal kalau dalam kasat mata, dapat dilihat bahwa hidupnya penuh dengan kesenangan dan kesejahteraan. Namun dibalik itu ternyata banyak tersimpan masalah hidup yang banyak dan sulit diselesaikan. Jadi bisa dikatakan juga kalau orang yang selalu menjadikanmu kambing hitam, biasanya dia sendiri juga menjadi korban jahatnya orang lain kepada dirinya.

Semua orang ingin sekali dapat hidup bahagia dan tidak memiliki masalah apapun. Tapi tidak ada hidup yang tidak merasakan yang namanya masalah akan kehidupan. Sakit akan kehidupan di dunia ini, ternyata bukan kamu saja lho kawanku.

Ingatlah kalau orang yang terlihat bahagia, maka belum tentu dirinya benar-benar merasa bahagia. Jadi selalu bersyukur saja terhadap apapun yang terjadi kepada hidupmu dan jangan khawatir dengan orang yang suka menyalahkan kamu, nanti dia juga akan berpikir sendiri dan akhirnya juga dia sendiri yang malah mendapat sialnya.

Orang yang suka menyalahkan orang lain maka bisa dibilang, orang tersebut belum dapat menerima kenyataan hidup dan belum bisa bertanggung jawab dengan apa yang sudah diperbuat oleh dirinya. Jangan takut dengan ancaman orang lain terhadap dirimu, kamu fokuskan saja untuk terus konsisten mengejar mimpimu dalam meraih kesuksesan hidup.

Kawanku, kalau memang belum terjadi apa-apa maka dirimu sudah mundur, lalu bagaimana dengan impianmu selama ini? Jangan pernah mempunyai mental seorang pecundang dan latih terus mental kamu untuk menjadi seseorang yang berani ambil resiko dan menolak untuk menyerah. Tidak ada kata kegagalan dalam hidup ini, Yakin saja bahwa kamu pasti bisa menikmati apa yang selama ini kamu inginkan.

Ingat kawanku, kalau pikiran kita bisa menjadi malapetaka buat kita sendiri dan sudah seharusnya untuk terus berpikir positif terus setiap harinya. Misalnya sekarang kamu masih jadi kambing hitam, bersabar dulu dan tetap yakin kalau mimpi buruk ini akan segera berakhir.

Saya sendiri juga yakin dapat keluar dari situasi yang sulit, yang sama dengan yang kamu rasakan sampai hari ini. Yaitu situasi yang dimana selalu kita yang menjadi korbannya. Zona kambing hitam akan segera lenyap asal kita yakin bisa keluar dari zona tersebut.

Kawanku tercinta, sekarang saya ingin memberikan beberapa penyebab dan faktor yang menjadikan kamu selalu saja menjadi korban pelampiasan orang atau selalu kamu yang disalahkan, selengkapnya di bawah ini.


1. Tidak bisa bergaul dengan baik.

Pertama adalah kamu tidak bisa bergaul dengan baik kepada orang di sekelilingmu. Kalau saja kamu bisa bergaul, maka kamu tidak akan menjadi kambing hitam. Pelajari dan mulailah untuk menerapkan sikap yang bisa membuat kamu lebih dihormati orang di sekitarmu.

Saya lihat sendiri bahwa orang yang sulit bergaul, maka besar kemungkinan dirinya bisa menjadi kambing hitam. Cocokan saja karakter diri kamu dengan orang yang sama denganmu. Jangan pernah bergaul dengan orang yang memang tidak sejalan dengan apa yang kamu inginkan.

2. Penampilan yang kurang menarik.

Masalah lain kenapa selalu kamu yang disalahkan, biasanya kamu kurang dalam berpenampilan yang rapih dan enak dipandang. Fashion juga penting dalam membuat diri sendiri terhindar dari zona kambing hitam. Penampilan yang rapih akan membawa kamu untuk lebih dihargai dan dihormati oleh orang di sekitarmu.

Penampilan dapat membuka pintu hati siapapun untuk mengenal kamu lebih dekat dan bisa mengurangi dari buruknya situasi dinamika sosial yang terbilang kejam dan tidak pandang bulu. Mulailah memperhatikan penampilan kamu dan terapkan penampilan yang bersih dan sesuaikan juga dengan usia kamu.

3. Sifat diri kamu sendiri.

Orang yang mempunyai sifat yang buruk dan semena-mena, tentu saja akan membuat orang menjadi kesal dan pada akhirnya berdampak pada kondisi dirinya sendiri. Sifat yang buruk dapat membuat seseorang selalu berada pada zona kesialan hidup yang biasanya selalu menjadi sasaran pelampiasan kekesalan orang lain.

Perbaiki dahulu sifat buruk di dalam dirimu, lalu mulai belajar memahami kondisi lingkungan sekitar. Memahami orang-orang yang ada di sekitar kamu akan membuat terhindar dari korban pelampiasan orang lain. Jadilah pria dewasa yang bisa mengendalikan semua sifat buruk di dalam diri sendiri.

4. Tidak mau belajar sosialisasi dan dinamika sosial.

Ternyata penting sekali bagi kamu untuk belajar seputar sosialisasi dan dinamika sosial secara mendalam. Sebab ada suatu permainan yang dimana nantinya bisa jadi kamu lah yang menjadi kambing hitamnya. Kalau sudah berada pada zona tumbal, maka akan sulit sekali keluar darinya.

Belajar dari banyak kesalahan dalam bersosialisasi akan berdampak pada kualitas hidup kamu ke depanya. Jangan asal bersosial kawanku, sebab watak orang di sekitarmu itu berbeda-beda dan biasanya orang akan lebih percaya dengan apa yang dikatakan orang lain terhadapmu.

Ingat untuk selalu berhati-hati kepada siapapun dan cermat dalam melihat bahasa tubuh orang yang menjadi lawan bicaramu. Bahasa tubuh tidak dapat di bohongi yang tentunya kamu bisa mencegah dirimu dari kesalahan dalam bersosialisasi.

5. Memiliki mental yang lemah.

Tentu dalam berhadapan dengan orang lain, maka diperlukan mental seorang pemberani dan tidak mudah sakit hati. Banyak sekali orang yang mudah sakit hati dan menganggap kalau dirinya hanya seseorang yang tidak layak mendapatkan apa yang di inginkan.

Melatih mental yang lemah, bisa membuat orang lain berpikir lagi dan akhirnya malas menjadikanmu korban pelampiasan mereka. Mental orang kuat maka dia pasti bisa keluar dari situasi sesulit apapun itu.

6. Tidak memiliki status sosial yang baik.

Status sosial bisa membuat diri seseorang terhindar dari zona kambing hitam. Kalau kamu mempunyai status sosial yang baik, maka saya yakin orang lain akan menghormati dan menghargai dirimu.

Cobalah untuk meningkatkan status sosial kamu misalnya menjadi seorang karyawan bank, gurbernur, bupati, lurah dan apapun pekerjaan yang bernilai di mata orang lain. Dengan begitu kamu akan sulit menjadi orang yang selalu disalahkan.

7. Tidak mau menjadi pendengar yang baik.

Orang yang tidak mau mendengarkan orang lain pada saat sedang bicara, maka bisa jadi dia akan selalu disalahkan orang-orang. Coba untuk menjadi pendengar yang baik, lalu pastikan juga kalau kamu cuma menjadi pendengar dan bukan menjadi budaknya.

8. Malas menjaga kebersihan tubuh.

Tubuh yang selalu bersih akan membawa kamu hidup sehat, yang tentunya akan semakin banyak orang yang tertarik kepadamu. Orang yang jarang mandi dan mengeluarkan aroma tidak sedap dari tubuhnya, tentunya bisa menjadi sasaran kekesalan diri orang sekitar.

9. Tidak memiliki passion hidup.

Passion yang dikatakan sebagai suatu minat terhadap aktivitas yang sangat dicintai dan rela mengorbankan demi bisa melakukannya. Semangat hidup akan selalu terpancar dari orang yang hidupnya penuh dengan passion.

Tidak akan mungkin orang yang memiliki passion, maka dirinya bisa dengan mudah menjadi kambing hitam atas segala situasi buruk yang terjadi. Cari dan kerjakan saja passion kamu untuk hidup yang lebih baik.

10. Suka mengganggu kehidupan orang lain.

Kalau kamu suka mengganggu hidup orang lain, maka bisa saja kamu akan menjadi kambing hitamnya, orang yang terganggu maka kalau dia merasa takut kepadamu, dia biasanya akan bercerita yang tidak-tidak kepada orang lain, yang akhirnya jadi kamu yang selalu disalahkan.

11. Suka cengengesan.

Cengengesan merupakan bentuk dari rasa tertawa yang terasa sangat menyebalkan dan bisa membuat orang lain merasa kesal dengan kamu. Coba untuk berhenti cengengesan agar kamu tidak di zalimi orang-orang.

12. Banyak dosa.

Dosa merupakan bentuk kesalahan yang bisa membawa kesialan hidup di dunia dan akhirat. Dosa yang selalu dilakukan kamu setiap harinya, maka dapat membuat pribadi orang tersebut berada pada zona kambing hitam.

13. Tidak mau mendekatkan diri kepada allah swt.

Menjauh apalagi tidak mau beribadah seperti shalat dan tidak menjalankan amalan wajib lainnya, tentu saja bisa membawa diri kamu ke dalam orang yang selalu disalahkan. Kalau kamu dekat dengan tuhan, maka kamu akan selalu di tolong olehnya pada saat kamu sedang mengalami masalah hidup.


Fakta berkata kalau di dunia ini teryata ada banyak sekali orang yang tidak bersalah, namun malah selalu disalahkan orang lain. Biasanya mereka yang masih polos dan lugu, yang tidak mengetahui permainan sosial. Sudah saatnya kamu bisa mengerti keadaan sekitar dan bisa lebih waspada dari korban pelampiasan orang di sekitarmu saat ini.

Cobalah untuk mendinginkan isi kepala kamu dari banyaknya pikiran negatif, yang akan membawamu ke dalam zona berbahaya. Pikiran yang selalu buruk maka akan membuat diri seseorang mendapat keburukan. Berusaha berpikir positif akan membawamu lebih cepat sukses dalam meraih semua mimpimu dan juga terbebas dari korban kekesalan orang-orang.

Menjadi seekor kambing hitam memang sebuah malapetaka besar, yang apabila kamu terus berada di dalamnya, bisa jadi kamu akan merasakan rasa sakit setiap harinya. Tidak mungkin ada orang yang bahagia jika dirinya berada dalam zona tumbal. Perbaiki segera semua kesalahan kamu selama ini dan tingkatkan kualitas hidupmu, Agar tidak menjadi orang yang selalu disalahkan lingkungan.

Oke kawanku, sekian dahulu artikel saya seputar 13 faktor penyebab mengapa banyak sekali orang yang suka menyalahkan kamu atas situasi buruk yang ada. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel