Dampak Serius Yang Disebabkan Oleh COVID-19 Terhadap UMKM Di Indonesia

Seperti yang sudah kita ketahui, sampai saat ini COVID-19 atau Corona Virus Desease-19 ini masih menjadi pandemik yang semakin meresahkan dan paling memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan manusia, khususnya kehidupan masyarakat di Indonesia.

Sudah tidak terhitung jumlahnya, banyak masyarakat di Indonesia yang mengalami kebangkrutan maupun penurunan yang sangat drastis dari hasil usahanya dikarenakan oleh dampak covid-19 ini khususnya di bagian ekonomi UMKM di Indonesia. Tetapi adapula yang mengaku tidak terlalu berpengaruh terhadap usahanya, sampai-sampai penjualannya masih stabil dan tidak berpengaruh sama sekali terhadap pandemi COVID-19 ini.   

Dalam menghadapi krisis yang di sebabkan oleh dampak COVID-19 di Indonesia pemerintah pun sudah melakukan berbagai cara untuk mencoba mengatasinya, salah satunya dengan memberikan bantuan fiscal stimulus yang diberi nama Progam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dengan menilik dari kondisi Negara saat ini, Indonesia merupakan Negara yang menempati urutan TOP 5 Negara paling tinggi jumlah orang yang terpapar virus yang mematikan ini di  Negara Asia-Pasifik.

Oleh karena itu Indonesia masih sangat butuh perhatian khusus dari pemerintahnya, dengan adanya PEN ini Pemerintah Indonesia berharap dapat membantu perekonomian di Indonesia, tak tanggung-tanggung dana bantuan PEN ini pemerintah sudah mengalosikan sekitar Rp 695,2 Triliun pada tahun 2020 kemarin,  dan yang kedua pada bulan Februari 2021 sekitar Rp 699,43 Triliun (Kemenkeu 2021).

Seperti yang dilansir dalam Liputan6.com  Mentri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan , “ Sekarang sektor UMKM dan informal pun terpukul karena Covid-19  ini mengisyaratkan orang tidak boleh atau membatasi interaksi,” ujarnya.

Menurut Menteri Keuangan tersebut tidak sedikit UMKM maupun informal yang mengalami dampak negatif dari Covid-19 di Indonesia ini, hanya mereka yang beralih ke dunia digital sajalah yang mampu bertahan, karena mereka tidak perlu bertemu langsung antara penjual dan pembelinya sehingga lebih aman dalam bertransaksi, walaupun demikian banyak masyarakat yang mengalami penurunan dalam hal ekonomi khususnya dalam hal kemampuan untuk membeli, sehingga pasti akan mempengaruhi paling  tidak sekitar 60% perekonomian di Indonesia.

Sudah saatnya kita sebagai warga negara indonesia yang baik. Maka kita diwajibkan untuk selalu memakai masker yang dapat mencegah dari menularnya virus covid-19 ini ke tubuh kita. Sudah banyak sekali korban yang berjatuhan dari virus corona ini dan jumlahnya hampir mencapai jutaan lebih di semua penduduk dunia. Jangan pernah kita lupa untuk selalu menerapkan pola hidup sehat yang akan membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin kuat dan tidak mudah terserang bermacam penyakit, apalagi sampai terserang penyakit Corona Virus Desease-19 yang semakin menjamur saja.

Polusi udara yang berada di daerah indonesia semakin tinggi dan tentu saja kita sesering mungkin mengganti masker yang kita kenakan dengan yang masih baru atau mencuci masker agar selalu bersih dari kotoran dan higienis. Mandi minimal dua kali dalam sehari antara pagi dan sore hari secara teratur, maka bisa membuat kita tercegah penyakit virus covid 19 ini.

Mencuci tangan dengan memakai sabun yang sesuai juga membuat benteng pertahanan kita semakin kuat dan kuman penyakit dapat hilang dari tangan kita. Tangan yang kotor bisa membuat seseorang dengan mudahnya tertular virus corona. Memakan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi juga bisa membuat kita semakin sehat dan kuat.

Perbanyak untuk konsumsi sayur dan buah-buahan yang faktanya sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa mencegah penyakit berbahaya untuk masuk ke dalam tubuh kita. Jadi pemerintah kita sekarang ini semakin ketat dalam mengurus masyarakat dalam membantu untuk tetap sehat dan selalu bisa menjaga kesehatan tubuhnya.

Sekian artikel seputar dampak serius akibat virus covid-19 terhadap UMKM di negara indonesia ini, yang semoga saja kamu semakin memperhatikan diri kamu terhadap wabah penyakit yang mengintai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel