5 Cara Menerima Kenyataan Hidup Yang Pahit


Pada saat kita sedang merasa kesulitan dan pusing karena adanya suatu masalah hidup yang terus saja datang menghampiri sampai kita bingung mengatasinya dengan baik. Memang ada banyak sekali problema kehidupan yang rasanya lelah sekali menjalani kehidupan di dunia ini.

Namun tidak mungkin sekali kalau hidup kita selalu saja terasa pahit seperti ini dan tetap tidak ada perubahan yang terasa indah bagi kehidupan kita. Tapi apakah kamu yakin kalau allah swt itu maha adil yang tentu saja tidak akan membiarkan hambanya berada dalam kebingungan dan bisa menjadi tempat bergantung yang baik untukmu.

Tidak ada tempat bersandar yang baik kalau bukan kepada allah swt. Jadi saran saya kepada kamu adalah untuk selalu ingat kepada yang maha kuasa atas segala karunia yang sudah diberikan dan tentu saja kamu harus bisa menerima kenyataan hidup yang pahit. Hidup yang terasa bosan dan hampa kalau selalu dibiarkan begitu saja, maka bisa menyebabkan diri seseorang menjadi bermasalah.

Jangan sampai kamu hidup berada pada suatu tempat yang tidak menyenangkan dan hanya membuat kamu selalu berada pada ruang lingkup yang sama. Keadaan kamu tidak akan pernah berubah kalau diri kamu sendiri tidak mau merubahnya. Merubah diri sendiri menjadi seorang pribadi yang baik, maka tentu merupakan hal yang sangat sulit.

Apalagi kalau kamu sedang berada pada zona yang dimana kamu selalu dipersalahkan oleh orang di sekitarmu. Orang-orang hanya ingin mengetahui diri kamu saja tanpa peduli dengan diri kamu. Hanya kamu sendiri yang peduli dengan dirimu atas segala macam musibah dan kenyataan yang sedang terjadi kepadamu hingga saat ini.

Kehidupan manusia tidak akan pernah bahagia dan selalu saja tersimpan bermacam penyakit hati, kalau seseorang tersebut selalu saja tidak bisa menerima kenyataan hidupnya sendiri. Hidup yang dipenuhi dengan bermacam kesulitan dan masalah. Tentu saja tidak lain karena perbuatan diri kamu sendiri. Jangan pernah menyalahkan diri orang lain dan juga jangan menyalahkan diri kamu, karena kamu belum mengetahui cara bermain yang benar dalam ruang lingkup dinamika sosial.

Sosialisasi kepada orang di sekitar kamu sangat penting sekali dan jangan sampai kamu mengucilkan diri sendiri di dalam kamar yang gelap, yang tidak akan pernah kamu dapat maju untuk mendapatkan apa yang selama ini kamu inginkan. Jadi lupakan masa lalu dan pikirkan apa saja yang bisa membuatmu merasa bahagia ke depannya.

Selalu melihat masa lalu dan tersimpan dendam dari dalam hati kepada orang lain, hanya akan membuat dirimu berada pada kondisi yang dimana kamu selalu saja tersakiti. Sakit hati dan kecewa boleh saja kamu rasakan, namun jangan sampai rasa sakit hati dan kecewa selalu saja ada di dalam hati kamu. Merubah diri sendiri dari sifat dan perbuatan akan membuat dirimu dihormati dan kesuksesan yang kamu inginkan mudah sekali dicapai dengan baik.

Manusia umumnya tidak bisa menerima suatu kenyataan kalau dirinya masih beruntung sebenarnya dan sedikit saja ada masalah pada hidupnya, maka dia akan kesal dan lebih menyalahkan orang di sekitarnya. Orang yang sudah dewasa tidak akan pernah merasa bahwa dirinya selalu benar dan bisa lapang dada dalam melihat kondisi maupun situasi dengan baik.

Jadi cara menerima kenyataan hidup kamu yang terasa pahit adalah dengan cara yaitu.

1. Ikhlas.

Ikhlas terhadap kejadian sebelumnya dan melihat masa depan dengan lebih baik. Akan membuat dirimu terbebas dari penyakit hati. Orang yang di dalamnya tersimpan penyakit, maka tidak akan ada orang yang mau berdekatan kepadanya dan sudah pasti dirinya akan sulit diterima oleh lingkungan sosial. Ikhlaskan saja masa lalu yang buruk dan lupakan itu semua dan sekarang mulai untuk melanjutkan kehidupan kamu yang baru.

2. Belajar dari kesalahan.

Kamu bisa sakit dan rugi karena kamu salah dalam melakukan sesuatu di masa lalu dan sudah saatnya membenahi diri untuk mempelajari dan memperbaiki kesalahan kamu selama ini, agar nantinya tidak terjadi lagi kesalahan kamu yang sama yang membuat kamu merasa kecewa hingga dipenuhi dengan beban pikiran.

3. Tidak usah pikirin orang lain.

Jangan selalu kamu memperhatikan diri orang lain dan sudah saatnya pikirkan diri kamu sendiri untuk melangkah menuju kebahagiaan dan kesuksesan yang selama ini kamu inginkan. Jadikan saja masa lalu sebagai sebuah pelajaran dan jangan sampai dapat terjadi lagi di masa yang akan datang. Kalau kamu belum bisa berpikir jernih dan masih saja kesal terhadap orang yang sudah menyakiti dan membuat hidup kamu sampai seperti ini. Maka kamu tidak akan pernah maju untuk menggapai apa yang selama ini kamu inginkan.

4. Selalu mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati.

Mencintai diri sendiri harus dapat kamu lakukan dari sekarang. Bagaimana bisa orang lain suka dengan kamu kalau kamu sendiri tidak suka dengan diri kamu sendiri? Pastikan kamu bisa membuat diri sendiri merasa berharga dan selalu berpikir positif atas kehidupan yang selama ini kamu jalani. Orang di sekitar kamu hanya ngomong saja bisanya dan kamulah yang merasakan hidup ini.

5. Berteman dengan orang yang peduli saja dengan diri kamu.

Memilih pergaulan sangat penting sekali dalam membuat diri sendiri hidup bahagia dan pilih saja teman yang memang peduli dan memahami kondisi kamu saat ini. Teman yang bisa di ajak bertukar pikiran sangat penting sekali untuk didapatkan untuk membuat diri bisa menuangkan segala macam uneg-uneg kepala yang akhirnya semakin berkurang rasanya beban hidup yang selama ini kamu rasakan.


Menerima kenyataan hidup yang pahit memang sulit dan butuh waktu yang cukup agar kamu tidak mengalami kondisi dimana selalu kamu yang disudutkan. Jadi yang terpenting adalah usahakan sebaik mungkin untuk membuat diri kamu bahagia dan jangan pernah membahagiakan orang lain, kalau kamu sendiri tidak merasa bahagia.

Orang yang tidak dapat menerima kenyataan hidupnya meskipun dalam keadan sempit dan susah, maka dipastikan tidak akan ada lagi harapan hidup untuknya dan sangat disayangkan sekali kalau hidup mereka nantinya akan berakhir di dalam jeruji besi alias penjara yang dimana siksaan hidup dimulai disana. Kalau memang sampai sekarang seseorang masih belum bisa menerima kenyataan hidup maka besar kemungkinan dirinya akan stres hingga depresi dan bisa juga mengalami sakit jiwa dan menjadi orang gila.

Sekian artikel saya seputar cara yang bisa dilakukan untuk dapat menerima kenyataan hidup yang pahit. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel