Penyebab, Dampak Buruk Dan Cara Mengatasi Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur

Penyebab, Dampak Buruk Dan Cara Mengatasi Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur - Halo kawan,, sekarang saya mau memberikan beberapa tips bagi kamu yang kesulitan untuk bisa teridur lelap di waktu malam hari atau disaat kamu sedang merasa benar-benar ngantuk banget sehingga mata kamu ingin sekali menutup dan tertidur pulas di atas kasur empuk.

Ada banyak sekali kasus orang di dunia ini yang merasa ngantuk sekali karena telah beraktivitas seharian penuh dan kehilangan banyak energi, namun pada saat ingin tidur, maka dirinya merasa sangat kesulitan untuk bisa tertidur lelap. Saya pribadi dulu juga sempat mengalami hal semacam itu dan pada akhirnya saya mengetahui cara terbaik dan mudah untuk bisa tertidur lelap di saat kita sedang merasa ngantuk sekali.

Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab seseorang kesulitan untuk bisa tertidur dan jangan pernah kamu meremehkan hal semacam ini. Saya sendiri menyebut bahwa gangguan tidur yang terus saja kamu rasakan tersebut dapat dikatakan jenis dari penyakit berbahaya yang harus segera diobati secepatnya. Orang yang tidak dapat tidur nyenyak, maka kesehatan tubuhnya akan ikut terganggu dan jiwanya akan sulit merasakan energi positif di kehidupan yang dijalaninya.

Emosi dari diri seseorang yang kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari biasanya begitu bergejolak dan bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang di sekitarnya. Kesulitan dalam mengendalikan emosi jiwa bisa menjadi salah satu dampak buruk yang harus diwaspadai sekarang juga.

Apa saja faktor penyebab seseorang kesulitan untuk bisa tidur?

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan diri seseorang tidak bisa tertidur meskipun matanya sudah ingin tidur. Mata mengantuk tapi tidak bisa tidur bisa menyebabkan suatu masalah kesehatan. Penyebab yang umum terjadi adalah karena adanya tekanan hidup atau masalah yang menjadi beban di pikirannya sehingga tidak dapat tertidur meskipun mata sangat mengantuk.

Tekanan hidup yang dia rasakan setiap harinya, mungkin saja dari lingkungan tempat tinggal atau di tempat kerja. Bisa menjadi faktor penyebab yang membuat seseorang tidak bisa tidur. Seringnya orang tersebut mengkonsumsi kopi dan rokok dalam jumlah yang banyak setiap harinya, juga bisa menyebabkan dirinya sulit tidur. Kopi adalah minuman yang mengandung kafein dan kandungan lain yang bisa menyebabkan mata menjadi melek terus.

Baca Juga : Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam Dan Cara Mengobatinya

Stres dan depresi bisa juga menyebabkan diri seseorang kesulitan untuk dapat tidur nyenyak di malam harinya. Orang yang sedang stres hingga depresi bisa membuat dirinya mengalami pikiran yang ruwet dan selalu dia pikirkan yang hasilnya membuat tubuhnya kesulitan untuk bisa istirahat. Usahakan segera berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, agar bisa diberikan resep obat yang cocok dengan kamu agar bisa tertidur nyenyak dan pulas.

Atau juga kamu mengalami insomnia dari dalam dirimu sendiri yang membuatmu kesulitan tertidur. Saran saya kamu bisa melakukan suatu teknik relaksasi yang ringan saja agar tubuh bisa rileks dan tidak banyak pikiran yang mengganggu yang pada akhirnya bisa tertidur dengan pulas.

Apa saja dampak buruk dan efek negatif pada seseorang yang kesulitan untuk tidur?

Selanjutnya adalah dampak buruk yang akan kamu dapatkan, kalau kamu semakin membiarkan penyakit susah tidur yang kamu rasakan tersebut berlangsung lama yaitu daya ingat atau konsentrasi di area otak menjadi berkurang jauh dan sering lupa akan suatu hal yang penting dalam hidupmu. Keseimbangan tubuh juga akan ikut terganggu yang pada akhirnya membahayakan diri kamu saat sedang berjalan kaki.

Merasa nyeri pada bagian leher dan punggung. Sakit nyeri pada leher dan punggung juga bisa terjadi akibat dari seseorang kurang tidur. Aliran darah menjadi tidak lancar dan syaraf pada tubuh juga ikut terganggu atau bisa jadi terjepit sehingga menimbulkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu.

Baca Juga : Manfaat, Penyebab Dan Cara Yang Baik Untuk Bisa Menangis

Yang biasanya terjadi bagi orang yang sulit tidur adalah pusing atau sakit kepala yang bisa terjadi dalam waktu yang lama, kalau dirinya tidak bisa tertidur di waktu jam tidur. Sakit kepala karena kurangnya tidur bisa menjadi efek buruk yang siapapun orangnya tidak ingin sekali bisa merasakan yang namanya sakit kepala.

Kesulitan dalam berpikir dan merasakan kebahagiaan hidup juga bisa dirasakan bagi penderita susah tidur. Tentu saja diperlukan pengobatan yang tepat dari anjuran dokter, agar pikiran menjadi lebih rileks yang pada akhirnya suasana hati kembali normal, yang membuat diri seseorang dapat tidur lelap pada waktu jam tidur.

Gimana cara terbaik mengatasi mata mengantuk tapi tidak bisa tidur?

Banyak sekali penderita gangguan tidur di dunia ini dan memang saya akui kalau mata yang sudah mengantuk sekali, belum tentu nantinya dapat tertidur dengan nyenyak di malam harinya. Nah sekarang saya mau memberikan cara mudah mengatasi mata yang sudah ngantuk banget untuk bisa tertidur nyenyak, yaitu:

1. Keadaan tempat tidur dibuat senyaman mungkin.

Kamu bisa membuat suasana tempat tidur menjadi nyaman dan enak untuk bisa tidur. Gelapkan saja cahaya lampu kamar di saat kamu ingin tidur. Menggelapkan lampu ruangan pada saat ingin tidur bisa membuat tubuh merasa rilek dan pada akhirnya bisa tidur.

Gunakan juga aroma pewangi ruangan yang khas banget untuk dapat tertidur misalnya minyak essensial lavender yang bisa membuat suasana hati menjadi tenang.

Baca Juga : Gejala, Penyebab, Dampak Dan Pengobatan Bagi Penderita Depresi

2. Imajinasi dengan tempat yang menenangkan pikiran.

Kamu bisa berimajinasi sendiri saat sedang memejamkan mata untuk memikirkan tempat yang nyaman banget untuk kamu merasa tenang dan damai, sehingga nantinya kamu dapat tidur dengan lelap. Cara ini sangat ampuh sekali dalam menenangkan pikiran yang penuh dengan tekanan setiap harinya dan bisa membuat diri seseorang dapat tertidur nyenyak.

3. Mengurangi kopi.

Kamu yang merasa sering mengantuk namun belum bisa tertidur juga, maka kamu bisa mengurangi mengkonsumsi kopi di keseharian kamu. Kopi bisa membuat diri seseorang bertahan dalam dan selalu terjaga. Mengurangi meminum kopi bisa membuat seseorang kembali bisa tidur. 

4. Pergi ke puskesmas.

Pergi ke puskesmas atau rumah sakit bisa menjadi solusi ampuh bagi kamu yang kesulitan untuk bisa tidur di saat mata sangat mengantuk. Di sana kamu akan mendapatkan resep obat yang cocok dengan diri kamu. Dokter pasti sangat tahu sekali keadaan pasien yang sulit tidur itu harus bagaimana cara menanganinya.

5. Mendengarkan audio suara alam.

Kalau kamu punya smartphone atau ponsel pintar maka tepat sekali untuk mendownload audia suara alam untuk mengatasi gangguan tidur pada diri kamu. Suara alam dapat membantu kamu dalam memberikan suasana tenang dan nyaman, sehingga bisa mengantarkan kamu ke pengalaman tidur yang lebih pulas.

6. Menyelesaikan masalah hidup yang sedang kamu rasakan.

Adanya masalah hidup ternyata dapat membuat beban pikiran di dalam isi kepala seseorang yang pada akhirnya sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak. Keadaan orang yang punya banyak masalah, maka terlihat sekali tingkat stres yang tinggi dan bisa membuat otot di sekitar leher dan kepala menjadi bermasalah.

Apa saja penyebab kamu sulit tidur?

Kamu merasa bahwa ada banyak sekali tekanan hidup yang datang kepadamu dan semakin kamu menundanya, maka semakin besar pula resiko kamu bisa terserang gejala penyakit pikiran. Otak akan semakin ruwet dan akan terus. bekerja yang membuat seseorang sulit untuk bisa merasakan tidur yang nyenyak.

Insomnia bisa terjadi kepada diri orang yang sering menunda masalah yang datang kepadanya dan apabila terus dibiarkan, maka dirinya akan merasakan yang namanya kematian mendadak akibat sulitnya darah dalam memberikan pasokan oksigen ke seluruh tubuh.

Tubuh akan semakin berkurang staminanya dan semakin pendek usia diri seseorang kalau memang dia mengalami banyak gangguan terhadap kualitas tidurnya. Tidur bisa terasa nyenyak kalau pribadi orang tersebut bisa melepaskan dan merelakan apa yang sudah terjadi kepada dirinya.

Memang sulit sekali, kalau ada kejadian buruk di masa lalu terhadap orang-orang yang sudah menyakiti perasaan kita, lalu dirinya datang lagi ke dalam kehidupan kita untuk merecokan hubungan kita dengan diri orang di sekitar kita. Pada dasarnya banyak sekali orang yang mudah tersinggung dan sulit untuk mengeluarkan emosi buruk yang terpendam di dalam dirinya.

Emosi buruk yang terus tersimpan, maka lambat laun akan membuat si pelaku merasa seperti terkena gangguan kejiwaan. Kesulitan untuk tidur ternyata tidak baik bagi kesehatan fisik dan jiwa seseorang. Kemampuan dalam berpikir dan berkonsentrasi juga semakin menurun fungsinya. Gejolak emosi buruk bukan cuma bisa menurunkan kesehatan, namun juga bisa mendatangkan banyak musuh untuk hadir ke dalam kehidupan kita.

Orang yang kurang tidur akan terklihat dari raut wajahnya yang tidak segar dan sudah pasti akan sulit dalam berpikir dan berkonsentrasi dengan baik. Pada waktunya tiba maka dapat mendatangkan malapetaka bagi diri seseorang. Jadi dengan beristirahat di waktu malam hari dan bisa tidur nyenyak akan membuat tubuh kembali segar dan membuat pikiran kembali bisa berfungsi dengan baik.

Pada era modern sekarang ini bisa dipastikan kalau penyakit insomnia bisa dengan mudah terjadi kepada diri siapapun dan biasanya orang-orang yang sekali dilanda masalah maka dirinya berpotensi besar untuk sulitnya tidur di malam hari.

Semakin banyak kasus kematian yang datang dari diri seseorang yang sulit tidur dan selalu saja terjaga otaknya untuk selalu berpikir. Banyak pula orang yang merasa ngantuk sekali, tapi masih juga belum bisa tertidur dengan nyenyak dan malah terganggu akan memori buruk yang selalu tersimpan di dalam kepalanya.

Kejadian buruk di masa lalu kalau diri seseorang tersebut merasa sulit melepaskannya, maka besar kemungkinan trauma tersebut tetap menempel dan sulit untuk dapat tidur dengan nyenyak.

Gangguan tidur yang parah dapat menyebabkan kematian mendadak bagi diri seseorang. Semakin mudah juga orang tersebut berpotensi terserang penyakit berbahaya, contohnya saja yaitu stroke, hipertensi, jantung, sakit kepala berkepanjangan, depresi dan sakit pada bagian leher.

Leher terasa kaku dan kepala terasa berat akan menjadi pertanda bahwa dirinya bisa mendapatkan banyak penyakit dan sulit sekali sembuh dari rasa sakit yang selalu dia rasakan. Lalu daya tahan tubuh akan semakin lemah.

Kadar serotonin dan dopamin dapat berkurang sehingga bisa membuat diri orang tersebut merasa sulit dalam mengendalikan segala macam bentuk emosi buruk di dalam dadanya. Jantung bisa berdebar-debar lebih kencang dari biasanya yang membuat tubuh selalu waspada terhadap kejadian buruk yang akan terjadi kepada dirinya.

Gangguan tidur atau insomnia dari diri seseorang jika selalu saja dibiarkan begitu saja, maka nantinya aktivitas sehari-harinya akan terganggu dan konsentrasi pada otaknya semakin menurun. Sangat tidak sehat sekali dirasakan apalagi bagi seseorang yang masih bersekolah. Akan sulit untuk menerima pelajaran di sekolahnya karena dia merasa terganggu jiwa dan pikirannya yang diakibatkan dari sulitnya tidur di malam hari.

Saran lagi dari saya adalah kamu bisa mencoba obat tidur lelap yang bisa kamu beli di apotek terdekat. Biasanya obat lelap banyak dijual di apotek dan bisa kamu minum obat tersebut dan kebanyakan orang dewasa sangat cocok sekali dengan obat lelap tersebut. Karena memang bisa membawa seseorang dapat tertidur lelap.

Beberapa Penyakit Akibat Kurang Tidur.

1. Sakit kepala berkepanjangan.

Tubuh manusia membutuhkan istirahat yang cukup di malam hari. Jadi jika seseorang kesulitan tidur pada malam hari maka kesegaran otak akan berkurang dan fungsi otak dapat menurun yang membuat kepala semakin terasa sakit. Kalau hal tersebut terus dibiarkan maka kamu akan merasakan rasa sakit kepala berkepanjangan.

2. Kerusakan otak.

Otak bisa saja kehilangan fungsinya yang amat penting untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik tanpa adanya gangguan. Jadi pasokan oksigen dari aliran darah menjadi terhambat yang pada akhirnya sel-sel pada otak bisa mengalami sulitnya meregenerasi atau memperbarui selnya. Sel tersebut bisa putus dan pada akhirnya otak mengalami kerusakan.

3. Otot terasa kaku dan sakit.

Otot pada bagian tubuh akan mengalami rasa sakit dan apabila tidak diobati maka biasanya otot pada bagian leher akan mengalami suatu masalah tersendiri yang mengakibatkan leher sulit digerakan. Leher akan terasa kaku dan sakit yang pada akhirnya mengharuskan kamu pergi ke tukang pijat untuk menyembuhkan leher kamu yang bermasalah.

4. Menghambat aliran darah ke seluruh tubuh.

Proses darah yang seharusnya lancar mengalirkan darah ke seluruh tubuh maka bisa bermasalah kalau diri seseorang sulit untuk istirahat secara cukup di malam harinya. Tentu saja akan adanya perasaan yang tidak enak yang dirasakan oleh tubuh seseorang.

5. Penyakit jantung.

Beresiko besar sekali bagi diri siapapun yang selalu begadang di malam hari yaitu terserang penyakit jantung. Terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh dan semakin kencangnya jantung berdetak maka besar kemungkinan organ jantung bisa mengalami masalah. Banyak sudah kematian dari orang yang kesulitan tidur lalu dirinya mendadak terkena penyakit jantung secara tiba-tiba.

6. Stamina tubuh menurun drastis.

Menjaga stamina tubuh sangat penting dilakukan oleh diri siapapun itu dan jika tubuh kekurangan stamina, maka bisa dipastikan keadaan orang tersebut terlihat lemas, lesu, tidak semangat hidup dan pada akhirnya bisa memperpendek usianya.

7. Mengalami perubahan suasana hati yang semakin memburuk.

Orang yang sulit tidur ternyata bisa membuat jiwanya mengalami masalah dan kabar buruknya adalah diri orang tersebut bisa saja mengalami sakit jiwa. Kehilangan kendali atas diri sendiri bisa membawa malapetaka besar bagi kehidupan sosial seseorang. Besar kemungkinan dia bisa dengan mudah mendapatkan banyak musuh di sekitarnya.

Jangan pernah takut dengan keadaan kamu saat ini dan jika waktunya datang tentu saja kamu bisa menjadi seseorang yang dapat mengendalikan jiwa kamu sendiri. Orang yang susah tidur meskipun mata terasa berat sekali rasanya pengen tidur, tapi tetap tidak bisa tidur. Maka bisa dipastikan besar kemungkinan kamu masih menyimpan masalah hidup yang rumit dan belum terselesaikan sampai tuntas.

Satu-satunya cara adalah dengan berani maju menghadapinya lalu membersihkan masalah tersebut hingga tuntas. Sebagai seseorang pribadi yang sudah dewasa, maka jangan pernah kamu menghindari masalah yang selalu datang menghampiri kamu. Melatih diri menghadapi segala macam situasi sulit akan membawa kamu ke tempat yang tenang dan akhirnya dapat tidur dengan nyanyak.

Tidur adalah aktivitas wajib yang harus dilakukan jika memang kamu ingin sekali bisa merasakan kesehatan tubuh yang prima setiap harinya. Jangan sampai kamu malah terus berpikir berlebihan yang membuat kepala terasa sakit dan semakin sulit untuk berbicara. Nanti akan dapat membuat diri sendiri terserang penyakit stroke dan pikiran yang ruwet yang membuat otak terganggu fungsinya.

Segera saja pergi ke puskesmas yang akan memberikan kamu resep obat yang ampuh membuat kamu dapat tertidur dengan pulas sampai pagi menjelang. Insomnia berkepanjangan tidak bagus sekali bagi kesehatan fisik dan jiwa seseorang. Saya pastikan kalau kamu bisa mengalami masalah kesehatan serius kalau sering kurang tidur.

Kebanyakan orang yang selalu saja begadang, maka dirinya bisa dengan mudah mengalami suatu masalah kesehatan lebih sering ketimbang orang yang mudah tertidur. Jadi usahakan melatih diri agar dapat tertidur dengan nyenyak yang pasti membuat kamu terus merasa sehat. Yang lebih parah adalah depresi berkepanjangan bisa menyerang kamu kapanpun itu.

Ada juga sifat pendendam dari orang-orang yang memiliki gangguan tidur, yaitu selalu saja berpikir bagaimana cara terbaik untuk bisa balas dendam kepada orang yang berani menyakiti perasaan hati kita sampai dalam. Dendam kesumat dapat berpengaruh terhadap menurunnya kualitas hidup seseorang dan pada akhirnya dia mengalami gangguan jiwa.

Sakit jiwa mudah terjadi kepada diri seseorang yang selalu kesulitan dalam tidur yang cukup di malam harinya. Pastikan selalu melatih diri sendiri dari aktivitas tidur yang cukup di malam hari. Hilangkan dendam yang berada di dalam dada dan saatnya bergerak menuju tujuan hidup kita yang selama ini belum menjadi kenyataan. Semangat hidup akan kamu rasakan kalau tidurmu bisa nyenyak di malam harinya.

Ya kawanku, sekian saja artikel dari saya yang berjudul Penyebab, Dampak Buruk Dan Cara Mengatasi Mata Mengantuk Tapi Tidak Bisa Tidur yang saya harapkan bisa memberikan banyak manfaat kepada kamu yang mengalami kesulitan saat ingin tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel