Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam Dan Cara Mengobatinya


Penyakit hati dalam islam dan cara mengobatinya - Tidak perlu diragukan lagi bahwa pada jiwa yang sehat terdapat pula raga yang kuat dan saya rasa pepatah semacam itu memang benar adanya, jika seseorang terkena penyakit di dalam hatinya, maka sudah bisa ditebak bahwa raganya juga akan ikut sakit dan terlihat dari raut di mukanya sendiri.

Jiwa seseorang yang dijaga dengan baik dan jangan sampai tersakiti maupun ternodai. Apabila jiwa pada diri seseorang penuh dengan noda hitam maka yang akan terjadi adalah fisiknya akan penuh dengan pesona buruk yang akan ditampakan pada khalayak publik. Sangat terlihat dengan jelas jika ada seseorang yang jiwanya rusak maka raganya juga akan ikut rusak.

Sekarang saya mau memberikan beberapa solusi terbaik agar penyakit hati yang selama ini mengidap pada diri seseorang bisa segera lenyap dan berganti dengan jiwa yang sehat yang bisa memancarkan aura kebahagiaan hidup pada diri orang yang berada di dekatnya. Rasanya tidak enak sekali jika ada seseorang yang jiwanya sakit berada di dekat kita.

Sakit jiwa bisa membuat diri orang tersebut terluka dan orang yang berada di dekatnya menjadi terluka pula. Rasa sakit di dalam hati seseorang yang tidak diobati dan dibiarkan begitu saja, bisa membuat parah kepada perilaku orang tersebut. Tidak akan ada lagi yang namanya moral, adab, perilaku sopan dan santun yang bisa ditunjukan dengan orang yang sedang sakit pada hatinya.

Dalam agama islam sendiri dikatakan bahwa obat yang ampuh dari penyakit hati adalah dengan memaafkan orang yang sudah menyakiti kita dan berusaha untuk lebih mendekatkan diri kepada allah swt agar hati kembali sehat dan tenang. Jiwa kita membutuhkan siraman rohani setiap harinya dan jika kita tidak mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, maka jiwa kita akan membusuk dengan sendirinya.

Penyakit hati yang diderita seseorang sebenarnya adalah karena dirinya saja yang tidak dapat mengendalikan emosi buruknya sendiri atau merasa dirugikan dengan orang yang telah menyakiti hatinya. Kerugian besar sekali yang dirasakan oleh orang yang sakit hati dan membiarkan sendiri lukanya terus melebar dan tidak disembuhkan.

Kesembuhan pada hati seseorang bisa pulih asalkan dirinya dapat melihat bahwa ternyata orang yang sudah menyakiti hatinya tersebut hidupnya tidak sebaik dengan apa yang kita pikirkan selama ini. Faktanya orang yang menyakiti hati kita, maka biasanya dia sudah menjadi korban akan kejamnya kehidupan di dunia ini.

Dalam mengobati penyakit hati bisa kamu lakukan dengan melakukan dzikir selama seharian penuh dan penuh dengan niat meminta kesembuhan dari penyakit hati yang kamu rasakan selama ini. Atau kamu bisa juga pergi ke seorang ustad yang bisa melakukan ruqyah kepada dirimu untuk sembuh dari segala penyakit hati yang kamu derita.

Islam merupakan agama yang lurus dan apapun yang kamu inginkan untuk dapat hidup dengan selamat dan bahagia, maka kamu hanya cukup melakukan apa yang telah diajarkan oleh nabi muhammad saw dan penerusnya. Umat islam yang tersakiti hatinya perlu dikatakan bahwa dirinya belum memiliki iman yang kuat dan belum bisa melepaskan diri dari kecintaan dunia yang fana ini.

Kecintaan orang akan kehidupan dunia ini tentu saja bisa membuat gejolak pada hatinya untuk dapat melakukan hal apapun yang berdosa menjadi semakin besar dan orang yang mengejar dunia, maka apapun caranya meskipun itu haram pasti akan dilakukan olehnya.

Tidak akan ada pandangan lagi dari orang yang sudah tergila-gila dalam mengejar kenikmatan dan kebahagiaan hidup di dunia ini, sebab tidak akan ada habisnya dan kita sendiri pada akhirnya akan merasa dirugikan, karena melupakan negri akhirat yang menjadi tempat kita setelah meninggalkan dunia ini untuk selamanya.

Sebaiknya kita rajin saja memperbanyak melakukan ibadah yang benar dan istiqomah agar bisa terselamatkan dari api neraka dan tidak tersesat dari kehidupan dunia yang sementara ini. Patokan orang yang memiliki iman yang kuat adalah tidak merasa berkecil hati meskipun hidup di dunia ini dia menjadi orang yang biasa saja.

Pada akhirnya dia akan segera melihat hasil jerih payahnya sendiri di akhirat bahwa hidupnya lebih enak, nikmat dan bisa mendapatkan apapun yang diinginkan disana. Dahulu di dunia tidak bisa mendapatkan apa yang diinginkan olehnya, maka di akhirat dia bisa mendapatkan apapun yang dia sukai untuk dinikmati.

Kembali lagi dari rasa sakit hati yang selalu saja dirasakan oleh seorang manusia di dunia ini adalah dengan menjauhi saja orang tersebut dan melupakan dirinya dan jangan pernah lagi menghubunginya untuk menjalin pertemanan olehnya. Pengobatan dari hati yang terluka adalah dengan ikhlas dan rela dengan apa yang sudah terjadi kepada kita selama ini.

Hati merupakan suatu tempat yang memang harus dirawat dengan baik dan tidak boleh tercemar oleh noda apapun itu yang bisa mengantarkan perilaku dari orangnya sendiri bisa berbuat kerusakan untuk dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya.

Mungkin saja kamu mengenal dan sangat mengenal dengan penyakit hati bernama amarah??. Penyakit hati yang biasa sekali kita rasakan hampir setiap harinya kita merasakan ada saja hal yang dapat membuat kita menjadi marah. Amarah yang tidak terkendali bisa melukai diri sendiri ataupun diri orang lain yang berada dekat dengannya.

Diperlukan kedewasaan diri untuk bisa mengobati atau meredam penyakit hati yang satu ini, apabila seseorang sudah dikuasai oleh amarahnya, maka bersiaplah bahwa akan segera datang malapetaka yang buruk yang akan menimpa dirinya.

Mengendalikan diri pada saat kita sedang marah merupakan suatu kelakuan yang sangat bagus sekali agar kita terjerumus lebih jauh kepada penyesalan hidup. Lihat saja di sekitar kita yang suka sekali marah-marah, maka saya yakin lingkungan di dekat tempat tinggalnya akan menjauhinya atau malah memusuhinya hingga dia menjadi banyak musuh.

Jika orang sudah mempunyai banyak musuh, tentu saja jika dirinya ingin pergi kemanapun akan terasa was-was dan tidak tenang. Perlu adanya latihan secara alami dari diri seseorang yang sering marah-marah, agar dirinya menjadi lebih tenang dan dapat mengendalikan emosi buruk di dalam hatinya.

Dengki juga merupakan penyakit hati yang tidak boleh ada di dalam lubuk hati umat islam dimanapun. Dengki yang artinya tidak suka sekali jika melihat orang lain mendapatkan kenikmatan dan merasa bahwa hanya diri sendiri saja yang boleh menikmati apa yang dinikmati oleh orang yang di dengki dengannya.

Orang yang suka sekali melihat orang lain kesusahan, maka dirinya pada suatu saat akan dibalas pula dengan orang lain, yang begitu senang sekali jika dirinya sedang mengalami kesulitan hidup. Seharusnya kita merasa empati dan peduli terhadap orang yang sedang kesulitan. Kalau bisa kita bantu dia agar kesulitan hidupnya dapat berkurang.

Nabi muhammad saw sangat melarang umatnya bisa menyimpan bermacam penyakit hati seperti marah, putus asa, malas, syirik, dengki, dan riya. Semua penyakit hati di dalam umat islam wajib segera dilenyapkan dan bersama pula untuk bergotong royong dalam membangun perjalinan persahabatan yang baik antar sesama muslim.

Sudah ada kitab suci al'quran yang bisa menolong kita dari suasana hati yang memburuk. Jika kita membaca al'quran maka dengan sendirinya hati kita menjadi tenang dan mendapatkan pahala kebaikan yang baik untuk bekal kita nanti di dunia akhirat.

Pegangan hidup yang harus kita akui kebenarannya dan dijadikan pegangan kita sehari-harinya agar tidak tersesat dan selamat masuk ke dalam surganya allah swt yang dimana semua kenikmatan ada di dalamnya. Kenikmatan yang tiada habisnya kita rasakan jika kita bisa masuk ke dalam surga tanpa adanya hisab di antara kita, amien.

Penyakit hati dalam hati manusia yang sudah membusuk akan sangat sulit dilenyapkan dan membutuhkan bantuan dari orang lain yang mengerti benar masalah penyakit hati atau bisa juga dibantu dari seorang ustad yang sudah terlatih dalam bidang agamanya.

Hati yang gelap dan hitam pekat sangatlah berbahaya sekali bagi si penderita dan orang di sekitarnya yang selama ini berteman dengannya. Bisa saja orang di sekitarnya malah menjadi korban dari keganasan dirinya, karena tidak dapat mengelola hatinya dengan baik. Hati yang terawat bersih dan putih mengkilat seperti permata, maka akan tampak indah dilihat dan bisa mendatangkan kebaikan tersendiri bagi dirinya sendiri dan orang di sekitarnya.

Memang membutuhkan waktu yang cukup dan niat yang sungguh-sungguh dari orang yang memiliki penyakit hati yang membusuk. Kalau memang orang tersebut berniat ingin tobat dan mengambil jalan lurus, maka saya yakin dirinya bisa sembuh dari penyakit hati dan bisa hidup bahagia dan selamat di dunia dan akhirat.

Pengobatan yang bisa saya sarankan bagi penderita penyakit kejiwaan adalah dengan menjauhi pemicunya dan bergaul dengan orang yang bisa memahami keadaan diri kamu selama ini. Orang yang senasib dan sejalan dengan diri kamu, maka itulah dia teman yang bisa kamu ajak ngobrol dan berjuang bersama dirinya.

Jangan sembarangan dalam bergaul, bukannya kita sok bersih dan sok suci, namun besar kemungkinan kita juga akan terkena imbas buruk dari semua perlakuan teman yang selalu ada di sekitar kita. Bergaul saja dengan orang yang jujur apa adanya dan tidak menutupi apapun itu dari diri kamu.

Memang sangat sulit mendapatkan jalinan pertemanan yang cocok dengan diri kita dan kalau memang belum ada yang cocok dengan diri kamu, maka alangkah baiknya untuk bertawakal dan rajin saja beribadah agar hati semakin bersih dan hidup tanpa kegelisahan.

Jiwa yang selalu gelisah akan mendatankan banyak sekali persoalan hidup yang semakin membuat kita pusing nantinya, ambil saja jalan yang lurus dan jangan bermain api dengan diri orang lain. Api yang kamu berikan kepada orang lain, maka suatu saat juga akan mmbakar diri kamu menjadi abu yang bertaburan.

Semua orang di dunia ini sangat menderita penyakit yang sulit sekali mereka kendalikan dan emosi yang selalu saja bergejolak di dalam diri para manusia yang hidup di dunia ini, selalu saja menuju kepada kesuksesan duniawi saja. Mereka semua seakan lupa akan kehidupan kedua yaitu akhirat yang merupakan tempat tinggal abadi yang bisa membuat kita senang maupun sengsara.

Kalau saya pikir-pikir bahwa kesengsaraan hidup yang diri seseorang rasakan dan alami hingga saat ini, bukanlah karena faktor orang lain ataupun lingkungan tempat tinggalnya, namun karena memang dirinya sendiri yang membuat dia selalu saja sengsara.

Tidak memiliki pola pikir ataupun mindset yang tepat dan benar dalam menjalani kehidupan di dunia ini, ternyata bisa membuat jalan hidupnya berlika-liku dan terlihat kebingungan terus. Orang yang bahagia dan tenang hidupnya adalah orang yang memiliki prinsip hidup dan pendirian yang kuat dan yakin bahwa dirinya bisa mendapatkan apapun yang dia inginkan.

Selama kita hidup di dunia ini alangkah baiknya jika kita selalu memperbanyak istigfar dan beribadah kepada tuhan yang maha kuasa allah swt yang nantinya pasti kita akan dihadapkan dengannya untuk diminta pertanggung jawaban terhadap semua perilaku kita selama hidup di dunia.

Sebenarnya kamu yang sedang merasakan sakit hati, janganlah berlarut-larut merasakannya, sebab sangat disayangkan sekali kalau waktu kamu habis hanya untuk meresapi penyesalan dan rasa sakit hati yang selalu saja kamu rasakan hingga saat ini.

Oke kawanku demikianlah artikel seputar Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam Dan Cara Mengobatinya yang saya harapkan bisa mengobati semua penyakit yang ada di dalam jiwa kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel